Belajar sejarah Indonesia, Belajar sejarah dunia, Belajar sejarah kontemporer Indonesia, Belajar sejarah Eropa, Belajar Sejarah Indonesia Kuno, Belajar Sejarah Hindu Budha, Belajar Sejarah Islam, Belajar Sejarah Revolusi Indonesia
Senin, 26 Oktober 2015
Manusia Purba Indonesia
Learning history for all people
Manusia Purba Indonesia
Indonesia menjadi tempat penting dalam penelitian manusia purba. Posisi kepulauan Indonesia sebagai tempat transit dalam persebaran manusia purba dari dataran Asia ke benua Australia dan kepulauan Pasifik, telah memungkinkan banyaknya penemuan fosil manusia purba dan hasil – hasil kebudayaannya.
Proses migrasi manusia purba dari dataran Asia ke benua Australia dan kepulauan Pasifik memakan waktu yang lama, ribuan tahun. Pergeseran tempat tinggal dalam proses migrasi berjalan sangat lamban. Dalam pergerakan yang lamban ini memungkinkan banyak terjadinya kasus manusia purba yang mati disatu tempat di berbagai wilayah Indonesia karena berbagai sebab, seperti luka parah, sakit yang tak terobati, tewas dalam perkelahian atau pertarungan antar kelompok atau karena tua.
Karena itu, Indonesia menjadi sangat kaya dalam hal fosil dan hasil kebudayaan manusia purba .
Dari fosil-fosil yang ditemukan terlihat perbedaan periode waktu dari yang tertua hingga ke yang termuda bahkan hingga ke masa kini. Berikut ini gambaran manusia purba Indonesia :
1. Megantropus Paleojavanicus ( Manusia raksasa dari Jawa Purba ).
Megantropus Paleojavanicus ditemukan di daerah lembah Bengawan Solo, oleh peneliti Belanda Von Koenigswald. Dari segi lapisan bumi berada di lapisan Pleistocen bawah. Ciri fosil Megantropus Paleojavanicus adalah badan tegap; rahang besar. Hidup dari foodgathering ( mengumpulkan makanan ).
2. Pithecantropus ( manusia kera )
Ditemukan di kala pleistocen bawah, pleistocen menengah dan atas. Ciri badannya tinggi, badan tegap, geraham besar, rahang kuat, kening menonjol, belum berdagu dan hidung lebar. Hidupnya berburu dan mengumpulkan makanan. Manusia jenis Pithecantropus dibagi kedalam 3 jenis Pithecantropus :
a. Pithecantropus Mojokertensis. ( Manusia kera dari Mojokerto ) ditemukan di Perning, Mojokerto, didaerah yang termasuk aliran sungai Bengawan Solo. Fosilnya terletak dikala plesitocen bawah. Diperkirakan hidup 2,5 hingga 1,5 juta tahun yang lalu. Di teliti oleh Von Koenigswald Mojokertensis ini berciri berbagan tegak, muka menonjol kedepan, kening tebal, tulang pipi kuat.
b. Pithecantropus Robustus ( manusia kera raksasa ). Fosilnya ditemukan di Trinil, daerah aliran sungai Bengawan solo. Ditemukan pada kala plesitocen bawah.
c. Pithecantropus erectus ( manusia kera yang berjalan tegak ), ditemukan di daerah Trinil, daerah aliran sungai bengawan solo. Ciri fisiknya badan tegak, otak besar, atap tengkorak tebal, kening menonjol. Jenis Manusia kera ini ditemukan juga di China, di Kenya di Eropa. Kesamaan ini menunjukkan kalau manusia kera bermigrasi keberbagai arah dan berasal dari satu tempat.
3. Pithecantropus Soloensis ( Manusia kera dari Solo ).
Pithecantropus soloensis ditemukan di Ngandong, Blora. Oleh Teer Haar. Ciri fisiknya tengkorak lonjong dan tebal. Hidung lebar. Berbadan tinggi. Pithecantropus Soloensis dinamakan Homo Soloensis. Manusia jenis Homo Soloensis ditemukan di Asia, Afrika dan Eropa.
4. Homo Wajakensis ( manusia wajak ), ditemukan oleh Van Ricthoten didaerah Wajak, Tulung Agung didaerah lembah sungai Brantas. Ciri fisiknya muka datar dan lebar, Sering disebut nenek moyang orang Aborigin, Papua dan penduduk Melanesia.
Sumber :
1. Soekmono, Pengantar sejarah kebudayaan Indonesia.Yogyakarta, Kanisius.
2. Gilian Denton dkk. Sejarah Dunia, terjemahan. Jakarta: Erlangga, 2008.
3. Dra. Siti Waridah dkk. Antropologi untuk SMU kelas 3. Jakarta : Bumi Aksara, 2000.
4. Sami bin Abdullah Al Maghlouth. Atlas Sejarah Para Nabi dan Rasul. Jakarta: Al Mahira, 2011, cet 3.
Minggu, 25 Oktober 2015
Sejarah indonesia : Menemukan manusia pertama ?
Learning history for all people
Para antropolog memperkirakan manusia telah ada dibumi 4 juta
tahun yang lalu. Dibuktikan dengan diketemukan fosil primate yang disebut
Hominid yang ditemukan di Afrika Timur dan Afrika selatan. 2 Juta tahun yang lalu Hominid berkembang
menjadi species Australopithecus, Homo,
dan Homo Hobilis. Ciri Australopithecus
otak kecil geraham besar, sementara Homo Hobilis berciri otak besar geraham
kecil. Homo erectus tubuhnya tinggi berkaki panjang. Namun jenis Hominid kerap
disebut manusia kera.
Menurut para antropolog, peradaban Hominid berkembang di
Afrika Timur dan Selatan, berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan. Dari Afrika manusia Hominid ini bermigrasi ke
Asia dan Eropa. Hominid yang pindah ke Eropa menjadi Homo Cromagnon dan Homo
Neanderthal yang hidup sekitar 120.000 hingga 35000 tahun yang lalu, dan
berciri kuat dan berotot. Manusia Homo
Neanderthal diperkirakan punah 35.000 tahun yang lalu.
Sementara itu Hominid
yang pindah ke Asia menyeberangi selat Malaka yang tertutup lapisan es dan
membentuk dataran Sunda. Dataran Sunda menyatukan semenanjung Malaya, Sumatera,
Jawa dan Kalimantan. Mereka terus
berlanjut ke pulau Papua dan karena
Papua menyatu dengan Australia karena lautnya membeku dan menjadi dataran es. Mereka
menyeberangi dataran Sahul atau bermigrasi ke benua Australia dan menjadi suku
Aborigin ,sekitar 40.000 tahun yang lalu. Menurut Koentjaraningrat mereka
disebut Homo Wajakensis atau papua melanesoid atau Austro Melanesoid , karena
secara fisik sama dengan nenek moyang penduduk pribumi Australia.
Gelombang berikutnya sering disebut Proto Austronesia dengan
ciri fisik Mongoloid. Mereka sering
disebut manusia proto melayu ( Melayu Tua ). Manusia Proto Melayu menurunkan
suku-suku Batak dan Dayak. Bangsa Proto
melayu memiliki kepandaian bercocok tanam sederhana, melakukan pelayaran dengan perahu bercadik.
Migrasi dari dataran Asia berlanjut dengan adanya gelombang
selanjutnya , yang sering disebut migrasi penduduk Deutro Melayu atau bangsa Malayu muda. Bangsa Melayu muda
menurunkan suku Jawa, Sunda, Melayu, Banjar dll.
Di Eropa, Homo Neanderthal punah diganti oleh Homo
Sapiens. Manusia Homo sapiens bertahan
dari zaman es dan dapat menyeberangi daratan es beku, yang sekarang disebut
selat bering, dari Asia ke Alaska sekitar 13.000 tahun yang lalu . Dan mereka
membentuk keturunan manusia Indian. Namun, ada pendapat lain , bahwa penduduk
Indian berasal dari dataran China. Menurut sejarawan Islam mereka keturunan
Shini yang merupakan keturunan Nabi Nuh.
Dalam kepercayaan agama, khususnya Islam, manusia
pertama adalah Adam as, kemudian
istrinya Siti Hawa yang diciptakan dari rusuk nabi Adam. Pernyataan ini merujuk kepada surat Al Hijr
ayat 28-29. Adam as dan Istrinya diciptakan oleh Allah swt
didalam surga dari tanah liat yang diberi ruh. Karena melanggar perintah Allah
swt, Adam as ditugaskan kebumi dan
diturunkan kebumi sekitar 6000 tahun
sebelum masehi. Dan menurut para ahli sejarah Islam , Adam as diturunkan di
India sementara Hawa diturunkan di Jeddah.
Mereka menatap di Mekkah dan beranak pinak di Mekkah.
Dari bukti-bukti yang ditemukan para antropolog seperti fosil – fosil dan benda yang
ditemukan dengan penjelasan AlQuran tentang penciptaan manusia yang dimulai
dari Adam as dan Hawa, terlihat masih adanya kesenjangan informasi tentang
manusia pertama. Para antropolog masih
bertanya dan berusaha menemukan siapa manusia pertama sementara kaum Muslim
sudah yakin manusia pertama adalah Adam as berdasarkan penjelasan AlQur’an.
“wahai manusia, sungguh, kami telah menciptakan kalian dari
seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kalian
berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia diantara kalian di
sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa, sungguh , Allah Maha Mengetahui ,
Maha Teliti “ qs: Al Hujurat ayat 13.
Sumber :
1.
Gilian
Denton dkk. Sejarah Dunia,
terjemahan. Jakarta: Erlangga, 2008.
2.
Dra.
Siti Waridah dkk. Antropologi untuk SMU kelas 3. Jakarta : Bumi Aksara, 2000.
3.
Sami
bin Abdullah Al Maghlouth. Atlas Sejarah
Para Nabi dan Rasul. Jakarta: Al Mahira, 2011, cet 3.
Kamis, 22 Oktober 2015
DI/TII di Aceh
Learning history for all people
Tanya : Bagaimana hubungan dengan
DI/TII di Aceh ?
M. Natsir : ya, jadi di Aceh, ya di Aceh kita coba
selesaikan, tapi kita tadinya mencoba mengirim surat. Saudara, saya ambil waktu yang terakhir,
sebelum, hubungan kita dengan Daud Beureuh baik. Masih ada
kemungkinan-kemungkinan untuk tidak akui itu permusuhan, kita tunda sampai ada kesempatan. Kita biarkan dia
mendakwakan Negara Aceh. Kita tak sebut-sebut itu. Kita bicara manusia dengan manusia saja. Daud setuju. Tak ada banyak officer-officer,
cara approach kita sudah secara yuridis formil. Tidak mereka itu sudah punya
kekuasaan. Seolah-olah sudah jadi
provinsi. Tak disebut sudah propinsikan
atau tidak.
Tetapi sesudah itu keadaan tambah tajam. Diwaktu-waktu terakhir saya dating, Daud
Beureuh tak mau jemput di Airport. Di
utus istrinya. Waktu saya beberapa kali
ke Aceh di jemput sendiri.
Ada tempat pertemuan khusus tamu-tamu, dia tak sambut
saya. Mau bawa saya ke Hotel. Jadi itu saya ceritakan, yang mana hubungan
saya dengan Daud Beureuh sudah beberapa waktu buruk. Jadi dia tak ikut istrinya.
Kedua, saya mau naik tempat pertemuan penginapan resmi. Dia bawa saya ke Hotel, itu instruksi
beliau. Saya lihat jalannya. Mau kemana
ini, saya protes, saya ndak mau ke Hotel.
Saya mau ketempat yang lama, kalau tidak saya kembali. Jadi saya gertak
gitu. Dia takut juga ( M. Natsir
tersenyum ). Orang tahu bahwa saya dating ketempat biasanya saya
menginap. Ya , saya sudah seolah-olah tempat yang sudah biasa. Orang dating nggak setuju atau apa setahu
atau tidak setahunya Daud Beureuh orang berdatangan. Natsir dating ini . buat apa dating ? Saya bilang mau nyusul, hendak
musyawarah. Mau kami di Jakarta. Perkara provinsi Aceh itu kita ukur dengan
Undang-undang. Kami di Jakarta
mempersiapkan Undang-undang.
Undang-undang sudah siap kita bawa ke Parlemen. Parelemen, jangan mendadak begitu saja. Kami sudah putuskan begitu. Itu memang begitu. Tetapi mempesiapkan itu ada waktu. Parlemen juga ada waktu. Jadi mereka itu gak tegar. Ndak sabar
menunggu keputusan itu.
Bersambung …..
Jumat, 16 Oktober 2015
Sejarah Indonesia :Pemberontakan DI/TII
Learning Indonesian history for all :
Tanya : Mengenai terjadinya DI/TII, bagaimana hubungannya dengan Masyumi ?
M. Natsir : Sebenarnya DI/TII ini ada sesudahnya Jawa Barat
dilepaskan kepada Belanda. Tadinya itu republiken semua. Ini kan DI , ada
keputusan antara permusyawaratan Belanda dengan Indonesia, supaya Jawa Barat
dikosongkan dari RI, itu bukan main pedihnya bagi orang-orang Jawa Barat. Seolah – olah disingkirkan dari Republik. Padahal mereka berjuang. Padahal perjuangan pertama di Bandung dengan
Nasution. Dengan menjadi mereka merasa
orang yang ditinggalkan oleh Republik.
Saya lihat Kartosuwirjo waktu itu
pergi ke Jogja kerjasama dengan pemerintah Bung Hatta, dengan Kartosuwirjo
selalu bertemu bermusyawarah bagaimana membantu orang yang ditinggalkan itu,
tetapi tak resmi. Tetapi bantu dengan
keuanganlah banyak sedikitnya, supaya orang itu mengadakan perjuangan terhadap
Belanda, dengan, dalam majlisul Islam atau apa itu namanya.<a href=http://www.Myhistoryofleadership.blogspot.com>pindah</a>.
Kamis, 15 Oktober 2015
M. Natsir : Sutan Sjahrir dan Tan Malaka
Learning history for all
Tanya : TENTANG POLITIK SUTAN SJAHRIR DAN TAN MALAKA, BAGAIMANA PANDANGAN BUYA ?
Tanya : TENTANG POLITIK SUTAN SJAHRIR DAN TAN MALAKA, BAGAIMANA PANDANGAN BUYA ?
Jawab M Natsir : Itu
ada dua posisi, ada
komunis, PKI, ada Tan Malaka. Bagi kita yang sebenarnya bertentangan itu PKI.
Tan Malaka Ini mau main ditengah, antara kita dengan itu. Jadi tidak sangat
merepotkan. Tak begitu memikirkan. Tidak perlu dihadapilah Tan Malaka ini.
Sehingga dia itu bisa melebihi
supporter. Dia tak punya akar dan
dia tak punya pengikut kuat di sini.
Sebab putus selama diluar negeri. Tapi dia, sebagai politikus dia cukup
hebat. Tapi, karena ndak berkaki kebawah. Jadi dari pada repot-repot menghadapi
oposisi Tan Malaka , ya kita begini sajalah tak perlu dihadapi. Kalau dia bicara, bicaralah, tapi kita tahu
apa yang dikatakannya itu, intelegensia bisa menerimanya, tapi orang awam tak
mengerti. Politiknya terlampau
tinggi. Sedang PKI pandai menimbulkan
image. Kalau Tan Malaka tak bisa begitu.
Tanya : Mengenai Sjahrir , bagaimana Buya ?
Jawab Natsir : Politiknya Sjahrir yang diplomasi, ya itu kita
semua setuju, ndak ada yang menolak.
Tanya : Bagaimana dengan aksi FDR ?
Jawab Natsir : FDR itu
suatu badan , suatu front, suatu badan, suatu front saja. Mempertahankan diri atas nama lain., Kita
tahu itu PKI. Jadi yang kita hadapi PKI
yang sebenarnya, jadi kalau PKI kita hadapi dengan sendirinya kita hadapi FDR ?
Tanya : Kenapa pada awalnya Pak Sudirman simpati terhadap FDR
?
Jawab Natsir : ya itu,
maklumlah Pak Dirman seorang pejuang, seorang prajurit. Jadi dia belum
lihat, nampaklah orang-orang jujurlah begitu, dia lebih tertarik orang-orang
yang diajukan FDR itu, nampaknya orang-orang yang bisa bawa serta.
Bersambung …..
Rabu, 14 Oktober 2015
Wawancara dengan M. Natsir
Learning history for all
M. Natsir adalah Perdana Mentri era Demokrasi liberal Parlementer 1950-1951 , berikut sambungan wawancara dengan beliau ...
M. Natsir adalah Perdana Mentri era Demokrasi liberal Parlementer 1950-1951 , berikut sambungan wawancara dengan beliau ...
Tanya : bagaimana pandangan Buya terhadap system partai
tunggal yang diajukan Presiden Soekarno ?
Jawab : Partai tunggal waktu itu di Jakarta. Waktu itu kita
masih di Jakarta.Waktu kita belum mengadakan KNIP. Itu waktu dia masih di sini.
Dia mengajukan partai tunggal. Itu kita tolak.
Partai tunggal itu artinya fasisme.
Jadi nampaklah kita bayangkan bahwa kemauan dari Presiden Soekarno
disaat-saat yang kritis keluar dia punya kemauan, kepribadian, pendapat atau
political ideologinya disaat-saat kritis. Tapi kalau sudah selesai
pidato-pidatonya baik-baik saja, sudah merangkul semua, jadi itulah kalau
kritis dan sesudahnya, saudara tahu bahwa Soekarno mengadakan partai tunggal
lagi waktu dia sudah berkuasa. Jadi
itulah yang kita alami yang kalau kritis Nampak kepribadiannya.
Tanya : Soal ketidakseimbangan didalam KNIP, antara kalangan
Islam dengan kalangan sekuler ?
Jawab : Mula-mulanya KNIP itu tidak ada pilihan dan tentu
partai mana itu, bukan partai itu sekian-sekian. Karena pemimpin-pemimpin yang aktif dalam
revolusi, yang secara ukhuwah, secara ikhlas saja, kita pokoknya menghadapi
musuh. Musuh itu kita hadapi dulu, itu
kita atur belakangan, itu umum. Orang
Kristen ribut mengenai anggaran dasar kita, lantas pendapat tuan bagaimana ? ya
kata yang lima itu dibuang saja, yang islam dalam piagam Jakarta. Jadi waktu itu kita menghadapi perjuangan
fisik serikat. Begitu penuh dengan
pikiran kita, kita begini saja, selamatkan kita dulu, capai kemerdekaan.Sudah
itu, kita atur kedalam, jadi kita bicara banyak itu dululah. Kadang itu tepat,
kadang itu tidak tepat. Ada yang tepat ada yang tidak tepat. Perkara mana itu
ya biarkan saja, tapi ada yang lantaran kita tolak itu menjadi dasar
perjuangan. <a href=http://www.Myhistoryofleadership.blogspot.com>pindah</a>.
Bersambung ….
Minggu, 11 Oktober 2015
Ahmad Lussy: pejuang Islam Maluku
Learning history for allAhmad Lussy atau Mat Lussy atau sering dipanggil Kapiten Pattimura merupakan seorang Islam yang taat terhadap ajaran Islam, bahkan tergolong seorang ulama dan pejuang anti penindasan yang dilakukan pemerintah colonial Belanda.
Ia lahir 8 Juni 1783 di Hualoy, Seram Selatan, Maluku. Ia bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang dipimpin Sultan Abdurrahman atau sultan Kazim. pindah.
Perlawanan yang dilakukan ulama bernama Ahmad Lussy terhadap pemerintah colonial Belanda didasarkan sikap Belanda yang mengenakan monopoli perdagangan, penerapan pajak tinggi, pelayaran Hongi terhadap para pedagang Maluku, kewajiban menyerahkan ikan asin, dendeng dan kopi serta misi penyebaran agama Kristen yang didukung pemerintah colonial Belanda.
Pemerintah Kerajaan Belanda hancur oleh pasukan Napoleon Bonaparte. Negeri Belanda diduduki Perancis. Tanah jajahan Kerajaan Belanda, Nusantara juga diambil alih Perancis dengan mengirim Gubernur Jendral Herman William Daendels. Walau kemudian direbut oleh Inggris, tetapi Inggris melalui Gubernur Jendral Raffles dapat menikmati kekayaan Indonesia. Traktat London yang mengharuskan Inggris menyerahkan Nusantara Kepada Belanda membuat pemerintahan colonial Belanda berkuasa lagi di Indonesia.
Gubernur Jendral Van Den Bosch dan para penggantinya harus menata wilayah jajahan, mencari dana sebesar-besarnya dengan berbagai cara, baik untuk dikirim ke Kerajaan Belanda yang butuh dana untuk pembangunan juga untuk membayar hutang dan menggaji para pegawai pemerintah colonial Belanda dan biaya perang untuk menghadapi perlawanan rakyat Indonesia. Karena itu, cara-cara keras dilakukan Belanda untuk mencapai tujuan politik dan ekonominya, termasuk didaerah Maluku.
Kerajaan-kerajaan Islam dan Umat Islam Maluku sangat menentang penjajahan dan ketidakadilan yang dilakukan pendatang Eropa, Belanda. Bekerjasama dengan Kesultanan Ternate, Kesultanan Tidore, Raja-Raja Bali, Kerajaan-kerajaan Islam di Sulawesi, Jawa, Patimmura atau Ahmad Lessy mengerahkan semua kekuatan untuk menentang invasi pasukan Kristiani Belanda.
Kekuatan Besar rakyat Maluku dihadapi Belanda dengan mengerahkan armada besar dan pasukan besar dari berwajah Bule Belanda maupun pasukan Belanda item, kaum tentara bayaran pribumi dan mereka dipersenjatai dengan senjata lebih modern. Karena itu, walau pasukan Maluku diawal mengalami kemenangan, tetapi pengalaman perang di Eropa, persenjataan lebih modern, kemampuan dana besar untuk menyewa tentara bayaran, membuat pemerintah colonial Belanda berhasil mendesak pasukan rakyat Maluku dan pasukan sukarela nusantara dan Kapiten Ahmad Lussy pun berhasil ditangkap di daerah Siri Sori.
Pada tanggal 16 Desember 1817, Kapiten Ahmad Lussy tewas ditiang gantung tentara colonial Belanda karena dianggap bersalah memimpin rakyat Maluku menentang tindakan dan kebijakan politik dan ekonomi pemerintah colonial Belanda.
Sumber :
1. Salman Iskandar. 55 Tokoh Muslim Indonesia paling berpengaruh. Solo: Tinta Medina, 2011.
Wawancara dengan M Natsir
Learning history for all
PENDIRIAN PARTAI MASYUMI: WAWANCARA DENGAN M. NATSIR
Pertanyaan: Dalam pembentukan partai Islam di Yogyakarta, kenapa nama Masyumi yang dipilih ?
M. Natsir : suasana di Yogyakarta yang ada pada saat itu ialah suasana persatuan, sebab kita menghadapi bahaya dari tentara serikat. Jadi kita dari Masyumi, Muhammadiyah, NU, ya menutup mata tentang apa yang menjadi perbedaan. Kita bertemu di Kauman Yogyakarta. Jadi suasana saat itu suasana yang baik untuk persatuan.
Perbedaan ada saja. Ada yang katakana Partai Islam Indonesia, tetapi karena selama ini, Masyumi telah popular dikalangan banyak. Pada, walau maksudnya lain, tetapi jatuh suatu diktum, jatuh voting, voting memilih Masyumi, jadi kita menerima saja. Bukan suatu hal yang prinsip. Sedang kita sudah mempunyai anggaran dasar yang terang, tak anggaran dasar Masyumi lama. Jadi anggaran dasar itu sudah selesai. Sudah dibicarakan, sudah rapat, Jadi soal nama tak penting. Perasaan orang waktu itu yang penting persatuan. Yaitu Masyumi sajalah, tetapi dengan anggaran dasar yang baru.pindah.
Tempat wawancara : Jakarta , 21 desember 1990, tempat : gedung DDII, Jln. Kramat raya, Jakarta Pusat.
PENGURUS PARTAI MASYUMI 1945
Learning history for all
PENGURUS PARTAI MASYUMI 1945
Gagasan Soekarno yang menginginkan PNI sebagai partai tunggal diawal kemerdekaan yang ditolak berbagai kelompok politik, mendorong keluarnya maklumat pemerintah no X 3 Nopember 1945, yang ditandatangani Wakil Presiden Mohammad Hatta, melahirkan partai politik yang mewakili aspirasi ummat Islam Indonesia.
Partai Masyumi berdiri tanggal 7 nopember 1945, di Kauman, Yogyakarta. Dalam anggaran dasarnya menyatakan partai Masyumi berasaskan” Islam”. Tujuannya adalah terlaksananya ajaran Islam dan hokum Islam didalam kehidupan orang seorang, masyarakat dan Negara Republik Indonesia, menuju keridhaan Illahi.
Partai ini didukung oleh dua organisasi besar Islam di tanah air yaitu Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama, tetapi juga didukung oleh organisasi islam yang lebih kecil seperti Persisi, AL Irsyad, Matlaul Anwar, Al wasliyah, Syarekat Islam , Al Ittihadiyah.
pindah.
PIMPINAN PUSAT PARTAI MASYUMI 1945
Ketua : Soekiman Wirjosandjojo
Wakil ketua I : Abikusno Tjokroadisuryo
Wakil Ketua II : Wali Alfatah
Sekretaris I : Harsono Tjokroaminoto
Sekretaris II : Prowoto Mangkusasmito
Bendahara : Mr. R.A. Kasmat
Anggota : KH. M. Dahlan
: HM Faried Ma’ruf
: Junus Anies
: KH. Fakih Usman
: KH. Faturahman
: Dr. Abu Hanifah
: M. Natsir
: S.M. Kartosoewirjo
: Anwar Tjokroaminoto
: Mr. Samsudin
: Mr. Mohammad Roem
Bagian Penerangan : Wali Al Fatah, A. Gafar Ismail
Barisan Hizbullah dan Fisabilillah : KH Masjkur, W. Wondoamiseno, Hasjim Susilo Adikusumo,
Bagian keuangan : Mr. R.A. Kasmat, R Prawirojuwono, H.A. Hamid BKN
Bagian Pemuda : M. Mawardi, Harsono Tjokroaminoto
Majlis Syuro :
Ketua Umum : KH. Hasyim Asj’ari
Ketua Muda I : Ki Bagus Hadikusumo
Ketua Muda II : KH. A. Wahid Hasyim
Ketua Muda III : Mr. Kasman Singodimedjo
Anggota : R.H.M. Adnan
: H.A. Salim
: KH. Abdul Wahab
: KH. Abdul Halim
: KH. A. Sanusi
: Syeck M Jamil Djambek
Sumber :
1. Deliar Noer. Partai Islam di Pentas Nasional, Jakarta: Grafiti Pers, 1987, hal 100
2. M. Natsir. Capita selecta. Jakarta: Bulan Bintang, 1973
Jumat, 02 Oktober 2015
SEKARMADJI MARIDJAN KARTOSOEWIRJO
Learning history for senior high schools
Nama Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo sangat dikenal dalam konflik ideology
politik dalam sejarah perpolitikan
Indonesia, khususnya pada periode 1945 hingga 1960. SM Kartoseoewirjo lebih dikenal sebagai
pimpinan DI /TII yang menentang
pemerintahan Republik Indonesia pasca perjanjian Renville .
Era Pergerakan nasional
melahirkan para
pemuda Indonesia yang kritis tidak saja terhadap penjajahan Belanda dan Jepang,
tetapi terhadap masa depan Negara Indonesia yang mereka perjuangkan. Ir
Soekarno, Drs. Mochammad Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, M. Natsir merupakan
nama-nama popular dalam perdebatan tentang masa depan Indonesia.( kunjungi :http://myhistoryofleadership.blogspot.com)
Sekar Maridjan Kartosoewirjo kelahiran Cepu 7 Januari 1905, Jawa Timur. Ia anak dari Kartosoewirjo, seorang mantri dikota kecil Pamotan dekat Rembang. Sebagai seorang Mantri tentu saja posisinya sangat terpandang dimata rakyat . Ia adalah orang yang menerima berbagai pandangan dan pemikiran bangsa penjajah yang rasional dan liberal.
Sekar Maridjan Kartosoewirjo kelahiran Cepu 7 Januari 1905, Jawa Timur. Ia anak dari Kartosoewirjo, seorang mantri dikota kecil Pamotan dekat Rembang. Sebagai seorang Mantri tentu saja posisinya sangat terpandang dimata rakyat . Ia adalah orang yang menerima berbagai pandangan dan pemikiran bangsa penjajah yang rasional dan liberal.
Rabu, 30 September 2015
Kerajaan Kutai
Learning history for senior high schools
Kerajaan Kutai terletak dihulu sungai Mahakam, Kalimantan
Timur. Kerajaan Kutai sering disebut
Kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Keberadaan kerajaan Kutai didapat dari
informasi berupa Yupa ( prasasti ).
Terdapat 7 yupa yang berisi informasi penting mengenai keberdaaan
kerajaan Kutai.
Prasasti atau Yupa ditulis dengan menggunakan hurup Pallawa
dan bahasa yang dipakai untuk penulisan isi prasasti adalah bahasa
sangsekerta. Hurup Pallawa dan bahasa
Sangsekerta berasal dari kebudayaan Hindu Indonesia. Karena itu, Yupa menunjukkan masuknya
pengaruh Hindu India kedalam peradaban dan kebudayaan Kerajaan Kutai,
Kalimantan.
Dari isi Yupa diceritakan bahwa pendiri kerajaan Kutai adalah
Kundungga. Kundungga memiliki anak
bernama Aswawarman dan Aswawarman memiliki anak yang menjadi raja Kutai
terkenal yaitu Mulawarman. Kundungga
menurut para ahli adalah nama asli Indonesia, sementara nama Aswawarman dan
Mulawarman merupakan nama yang sudah dipenagruhi agama Hindu dan ia telah
menjadi pemeluk Hindu.
Pengaruh Hindu yang kuat dibuktikan dengan adanya upacara
Vratystoma, dimana Mulawarman memberikan derma 1000 ekor lembu kepada kaum
Brhamana.
Dilihat dari geografis, Kutai memiliki sumber ekonomi dari
kegiatan perdagangan. Perdagangan antara
daerah pedalaman dengan para saudagar Kutai yang kemudian menjualnya ke
pedagang asing, dengan jalur perdagangan Kalimantan – Jawa – Selat Malaka –
China dan sebaliknya.
Senin, 28 September 2015
Manusia pertama dalam sejarah
Learning history for senior high schools
Manusia -Pertama -dalam -Sejarah
Bila para antropologi belum dapat menentukan dengan pasti
siapa manusia pertama didunia dalam sejarah peradaban manusia. Maka , para sejarawan Islam, bersumber dari
Al Qur’an dengan tegas menyatakan manusia pertama adalah Adam as dan Istrinya
Siti Hawa.
Dasar pemikirannya bersumber dari surat Al Hijr ayat 28-29,
yang terjemahannya berbunyi, “ (ingatlah), ketika RabbMu berfirman kepada para
Malaikat,”sungguh, Aku akan menciptakan seoran manusia dari tanah liat kering
dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka, apabila Aku telah menyempurnakan (
kejadian)nya, dan Aku telah meniupkan ruh-Ku kedalmnya. Maka tunduklah kalian
kepadanya dengan bersujud.”
Minggu, 20 September 2015
Tradisi local –Hindu Budha-Islam di Indonesia
Learning history for senior high schools
Tradisi local –Hindu Budha-Islam di
Indonesia
Ditemukannya fosil manusia purba diberbagai tempat di
Indonesia menunjuukkan Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang. Gelombang manusia Proto Melayu dan Deutro
Melayu makin memperkaya sejarah asal usul manusia Indonesia.
Karena manusia menghasilkan budaya, maka, kedatangan
gelombang manusia proto melayu dan Deutro Melayu serta masuknya budaya Hindu
Budha dan Islam makin memperkaya khazanah sejarah manusia dan budaya Indonesia.
Dibidang kebudayaan, masuknya budaya-budaya baru dari luar
kepulauanIndonesia makin menghidupkan berbagai budaya yang ada, yang diwariskan
dari generasi kegenerasi manusia sebelumnya.
Budaya-budaya baru diterima, diadaptasi dengan cerdas, disesuaikan
dengan alam dan tradisi yang sudah ada.
Yang buruk dibuang yang baik diambil, ditempatkan dalam kerangka budaya
yang sudah ada, sehingga, memperkuat dan makin menghidupkan tradisi dan budaya
yang ada.
Tradisi-tradisi dibidang kepercayaan seperti penghormatan
kepada roh nenek moyang yang telah ada sejak zaman purba, tidak dihilangkan
ketika agama Hindu masuk, dan agama Hindu diterima , walau tidak seluruhnya,
bila dalam agama Hindu jenazah dibakar, nenek moyang Indonesia dibeberapa
tempat tidak dibakar, tetapi diletakkan di peti mayat atau dikubur batu dan
dibuatkan arca nenek moyang, pada zaman kemudian, dalam tradisi Hindu Jawa,
mayat dikuburkan didalam candi. Mereka
pergi ke Candi bukan untuk memuja para dewa dalam agama Hindu tetapi juga
memuja roh nenek moyang mereka, lengkap sengan sesajinya.
Sabtu, 19 September 2015
Gerakan Taliban
Pendirian Negara komunis di
Afganistan oleh rezim Babrak Karmal membuat ummat Islam Afghanistan menentang
melalui gerakan Mujahidin Afghanistan.
Kaum Mujahidin mendapat dukungan dari Negara-negara Islam, khususnya
Arab Saudi dan Pakistan, termasuk Amerika Serikat.
Gerakan Taliban dilator belakangi
oleh Kekalahan Uni Sovyet pendukung rezim komunis, membuat Afghanistan terpecah
kedalam beberapa faksi militer bersenjata yang saling memerangi. Kondisi yang menyengsarakan ini memunculkan
gerakan Taliban ( santri ). Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung
Pashtun
yang secara efektif menguasai hampir seluruh wilayah Afganistan sejak 1996 sampai 2001. Kelompok Taliban dibentuk pada September 1994.
Ideologinnya yang berbasis Islam membuat Negara-negara barat
tidak bersimpati terhadap gerakan Taliban, apalagi ketika Taliban menerapkan
hokum syariah Islam yang ketat. Kelompok Taliban ini mendapat pengakuan
diplomatik hanya dari tiga negara: Uni Emirat Arab, Pakistan, dan Arab Saudi, serta pemerintah Republik
Chechnya Ichkeria yang tidak diakui dunia.
Gerakan Taliban dipimpin Mullah Mohammed Omar, pemimpin gerakan ini, adalah mullah desa
(pelajar yunior agama Islam), yang sebagian besar belajar di madrasah
di Pakistan.
Gerakan ini terutama berasal dari Pashtun di Afganistan, serta Provinsi Perbatasan Barat Laut (North-West Frontier Province, NWFP) di Pakistan,
dan didukung banyak sukarelawan dari Arab,
Eurasia,serta
AsiaSelatan.
Minggu, 13 September 2015
Kegunaan Sejarah
Learning history for senior high schools
Sejarah adalah ilmu yang
mempelajari peristiwa yang terjadi dimasa lalu yang menimbulkan perubahan besar
di masyarakat. Dari zaman purba hingga kini ada milyaran peristiwa sejarah. Walau
yang ditulis dalam buku sejarah hanya sedikitr. Setiap peristiwa sejarah
memiliki makna bagi pelaku dan saksi sejarah bahkan bagi manusia sesudahnya.
Kegunaan sejarah diantaranya :
Minggu, 06 September 2015
Akibat imperialism Barat
Learning history for senior high schools
Sejak ditemukannya jalan kedunia
Timur, bangsa barat ( Inggris, Perancis, Belanda, Spanyol, Portugis, Jerman )
berupaya memperluas wilayah jajahan mereka.
Dengan dengan alasan mencari emas, menyebarkan injil dan mencari
kemasyhuran mereka berusaha memper”adab”kan
bangsa Timur, melalui penjajahan dan eksploitasi yang sangat tidak
humastik.
Dengan politik devide et impera
dan strategi tipu muslihat,serta teror
mereka bisa menancapkan kekuasaan didunia Timur, khususnya Indonesia. Secara khusus, imperalisme bangsa barat
memiliki akibat politik yang sangat besar, yaitu :
SUMBER-SUMBER SEJARAH
Learning history for senior high schools
Sumber sejarah adalah bahan-bahan yang dapat dipakai
sebagai informasi penting untuk menyusun cerita sejarah. Hal ini tak lepas dari
cerita sejarah harus berdasarkan bukti-bukti yang kuat dan bisa
dipertanggungjawabkan. Sejarah bukan dongeng yang bersifat fiktif tetapi peristiwa
nyata yang pernah terjadi dan direka ulang dalam bentuk penulisan sejarah.
Ketika seorang sejarawan akan menulis sebuah cerita
sejarah, maka ia harus terlebih dahulu mengumpulkan bahan-bahan sejarah atau
bukti-bukti sejarah.
Dalam metode sejarah tahap ini disebut dengan
Heuristik atau kegiatan mencari, menemukan bukti-bukti sejarah. Bukti yang ditemukan dikritik keasliannya,
kerelevanannya dengan cerita peristiwa yang akan ditulisnya.
Ketika tahap kritik selesai di lanjutkan dengan memberi
penafsiran terhadap fakta-fakta sejarah yang ada baru kemudian diadakan
penulisan peristiwanya atau disebut historiografi.
Perang diplomasi sebelum kemerdekaan
Learning history for senior high schools
Kemerdekaan Indonesia diperjuangkan bukan saja oleh
para tokoh kiri dan sekuler yang berpusat dinegeri Belanda, tetapi juga
diperjuangkan oleh para mahasiswa dan tokoh Islam yang berkedudukan di Timur
Tengah dengan tujuan jelas, Indonesia merdeka berdasarkan Islam.lihat :http://myhistoryofleadership.blogspot.com
Perang diplomasi dimulai sejak
banyak para pemuda Islam Indonesia menuntut ilmu di Arab Saudi, Irak, Mesir .
Suasana penjajahan di tanah air dan dibumi Timur Tengah yang telah beralih
kedalam kekuasaan imperialis kristiani, Inggris, membuat mereka sadar bahwa
kemerdekaan tanah air Indonesia perlu diperjuangkan, sekalipun berada jauh
dinegeri orang.
Ajaran Islam yang melarang
seorang muslim dipimpin orang kafir menjadi pendorong kuat membebaskan
Indonesia dari kekuasaan Belanda yang kafir dan menyebarkan agama kristiani
yang berarti mengancam keberadaan ummat dan kebudayaan Islam Indonesia.
Di Timur tengah,
Senin, 24 Agustus 2015
Sejarah Indonesia : Kerajaan Tarumanegara
Learning Indonesian history for all people
Dalam catatan sejarah Indonesia, pendiri Tarumanegara adalah Jayasingawarman dan beristri Minati Iswari Tungga Pertiwi, putri raja Salakanegara. Di bawah kepemimpinan Jayasinghawarman, Tarumanegara berkembang menjadi kerajaan besar dan berpengaruh dan menjadi kerajaan terkuat di Nusantara semasa Rajadiraja Purnawarman. Setidaknya, Tarumanegara memiliki 46 kerajaan bawahan dan bertahan hingga kekuasaan Raja ke 11 yang bernama Linggawarman.
Masa kekuassan Linggawarman menjadi titik awal pembentukan dua kerajaan besar di Nusantara, yaitu Sriwijaya dan Mataram. Hal ini terjadi karena Linggawarman mempunyai dua putri, yaitu Manasih yang kawin dengan Tarusbawa anak raja Sunda Sembawa (Bogor), sebuah kerajaan bawahan dari Tarumanegara. Perkawinan Tarusbawa dengan putri mahkota Manasih, lahir Rakyan Sunda Sembada yang memerintah Sundapura (Batujaya) dan putri Rakeyan Sunda Sembada yang bernama Teja Kencana kawin dengan saudara jauhnya, Sanjaya. Sementara anak ke dua, Sobakencana kawin dengan Dapuntahyang Sri Jaya Naga, yang dengan bantuan kekuatan militer Tarumanegara dapat mendirikan kerajaan Sriwijaya.
Langganan:
Postingan (Atom)
Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock
Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...
-
Learning Indonesian history for all people : Kerajaan Tarumanegara terletak di Desa Segaran Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, Jawa ...
-
KerajaanMataram didirikan oleh Raja Sanna(710m)emudian diteruskan oleh Sanjaya (717 M)rajaan Tarumanegara. Raja Sanjaya yang berusia muda...
-
Learning history for all people A. Masa mesolithikum 1. Kjokkenmodinger Pad a mesolithikum manusiapurba sebagian elah mul...