Minggu, 25 Oktober 2015

Sejarah indonesia : Menemukan manusia pertama ?

Learning history for all people

Para antropolog memperkirakan manusia telah ada dibumi 4 juta tahun yang lalu. Dibuktikan dengan diketemukan fosil primate yang disebut Hominid yang ditemukan di Afrika Timur dan Afrika selatan.  2 Juta tahun yang lalu Hominid berkembang menjadi species  Australopithecus, Homo, dan Homo Hobilis.  Ciri Australopithecus otak kecil geraham besar, sementara Homo Hobilis berciri otak besar geraham kecil. Homo erectus tubuhnya tinggi berkaki panjang. Namun jenis Hominid kerap disebut manusia kera.
Menurut para antropolog, peradaban Hominid berkembang di Afrika Timur dan Selatan, berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan.  Dari Afrika manusia Hominid ini bermigrasi ke Asia dan Eropa. Hominid yang pindah ke Eropa menjadi Homo Cromagnon dan Homo Neanderthal yang hidup sekitar 120.000 hingga 35000 tahun yang lalu, dan berciri kuat dan berotot.  Manusia Homo Neanderthal diperkirakan punah 35.000 tahun yang lalu.
 Sementara itu Hominid yang pindah ke Asia menyeberangi selat Malaka yang tertutup lapisan es dan membentuk dataran Sunda. Dataran Sunda menyatukan semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa dan Kalimantan.  Mereka terus berlanjut ke pulau Papua dan  karena Papua menyatu dengan Australia karena lautnya membeku dan menjadi dataran es. Mereka menyeberangi dataran Sahul atau bermigrasi ke benua Australia dan menjadi suku Aborigin ,sekitar 40.000 tahun yang lalu. Menurut Koentjaraningrat mereka disebut Homo Wajakensis atau papua melanesoid atau Austro Melanesoid , karena secara fisik sama dengan nenek moyang penduduk pribumi Australia.
Gelombang berikutnya sering disebut Proto Austronesia dengan ciri fisik Mongoloid.  Mereka sering disebut manusia proto melayu ( Melayu Tua ). Manusia Proto Melayu menurunkan suku-suku Batak dan Dayak.  Bangsa Proto melayu memiliki kepandaian bercocok tanam sederhana,  melakukan pelayaran dengan perahu bercadik.
Migrasi dari dataran Asia berlanjut dengan adanya gelombang selanjutnya , yang sering disebut migrasi penduduk Deutro Melayu atau  bangsa Malayu muda. Bangsa Melayu muda menurunkan suku Jawa, Sunda, Melayu, Banjar dll.
Di Eropa, Homo Neanderthal punah diganti oleh Homo Sapiens.  Manusia Homo sapiens bertahan dari zaman es dan dapat menyeberangi daratan es beku, yang sekarang disebut selat bering, dari Asia ke Alaska sekitar 13.000 tahun yang lalu . Dan mereka membentuk keturunan manusia Indian. Namun, ada pendapat lain , bahwa penduduk Indian berasal dari dataran China. Menurut sejarawan Islam mereka keturunan Shini yang merupakan keturunan Nabi Nuh.
Dalam kepercayaan agama, khususnya Islam, manusia pertama  adalah Adam as, kemudian istrinya Siti Hawa yang diciptakan dari rusuk nabi Adam.  Pernyataan ini merujuk kepada surat Al Hijr ayat 28-29.   Adam as dan Istrinya diciptakan oleh Allah swt didalam surga dari tanah liat yang diberi ruh. Karena melanggar perintah Allah swt,  Adam as ditugaskan kebumi dan diturunkan kebumi sekitar 6000  tahun sebelum masehi. Dan menurut para ahli sejarah Islam , Adam as diturunkan di India sementara Hawa diturunkan di Jeddah.  Mereka menatap di Mekkah dan beranak pinak di Mekkah.
Dari bukti-bukti yang ditemukan para antropolog  seperti fosil – fosil dan benda yang ditemukan dengan penjelasan AlQuran tentang penciptaan manusia yang dimulai dari Adam as dan Hawa, terlihat masih adanya kesenjangan informasi tentang manusia pertama.  Para antropolog masih bertanya dan berusaha menemukan siapa manusia pertama sementara kaum Muslim sudah yakin manusia pertama adalah Adam as berdasarkan penjelasan AlQur’an.
“wahai manusia, sungguh, kami telah menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal.  Sungguh, yang paling mulia diantara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa, sungguh , Allah Maha Mengetahui , Maha Teliti “ qs: Al Hujurat ayat 13.


Sumber :
1.      Gilian Denton dkk.  Sejarah Dunia, terjemahan.  Jakarta: Erlangga, 2008.
2.      Dra. Siti Waridah dkk. Antropologi untuk SMU kelas 3. Jakarta : Bumi Aksara,  2000.

3.      Sami bin Abdullah Al Maghlouth.  Atlas Sejarah Para Nabi dan Rasul. Jakarta: Al Mahira, 2011, cet 3.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...