Minggu, 13 September 2015

Kegunaan Sejarah

Learning history for senior high schools
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa yang terjadi dimasa lalu yang menimbulkan perubahan besar di masyarakat. Dari zaman purba hingga kini ada milyaran peristiwa sejarah. Walau yang ditulis dalam buku sejarah hanya sedikitr. Setiap peristiwa sejarah memiliki makna bagi pelaku dan saksi sejarah bahkan bagi manusia sesudahnya.
Kegunaan sejarah diantaranya :
1.      Memuaskan rasa ingin tahu akan berbagai peristiwa yang terjadi dimasa lalu
2.      Mengembangkan sikap nasinalisme ( persaan cinta terhadap tanah air ) dan sikap patriotism ( semangat bela Negara ).
3.      Membangun kesadaran terhadap waktu.  Waktu terus berjalan menghadirkan dimensi masa lalu, masa kini dan masa mendatang.
4.      Memberi hikmah atau pelajaran tentang apa yang terjadi dan apa yang seharusnya tercipta
5.      Memberi inspirasi.  Sejarah melahirkan para tokoh besar.  Ide-ide, pemikiran, semangat para tokoh besar dapat memberi inspirasi agar kita melakukan sesuatu yang lebih baik dari apa yang sduah mereka perbuat .
6.      Memberi hiburan.  Kisah-kisah hidup para tokoh sejarah yang inspiratif, memberi rasa senang , rasa senang ini menjadi hiburan bagi manusia pembacanya.
7.      Membentuk identitas diri sebagai sebuah nations


Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...