Rabu, 30 September 2015

Kerajaan Kutai

Learning history for senior high schools
Kerajaan Kutai terletak dihulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur.  Kerajaan Kutai sering disebut Kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Keberadaan kerajaan Kutai didapat dari informasi berupa Yupa ( prasasti ).  Terdapat 7 yupa yang berisi informasi penting mengenai keberdaaan kerajaan Kutai.

Prasasti atau Yupa ditulis dengan menggunakan hurup Pallawa dan bahasa yang dipakai untuk penulisan isi prasasti adalah bahasa sangsekerta.  Hurup Pallawa dan bahasa Sangsekerta berasal dari kebudayaan Hindu Indonesia.  Karena itu, Yupa menunjukkan masuknya pengaruh Hindu India kedalam peradaban dan kebudayaan Kerajaan Kutai, Kalimantan.
Dari isi Yupa diceritakan bahwa pendiri kerajaan Kutai adalah Kundungga.  Kundungga memiliki anak bernama Aswawarman dan Aswawarman memiliki anak yang menjadi raja Kutai terkenal yaitu Mulawarman.  Kundungga menurut para ahli adalah nama asli Indonesia, sementara nama Aswawarman dan Mulawarman merupakan nama yang sudah dipenagruhi agama Hindu dan ia telah menjadi pemeluk Hindu.
Pengaruh Hindu yang kuat dibuktikan dengan adanya upacara Vratystoma, dimana Mulawarman memberikan derma 1000 ekor lembu kepada kaum Brhamana.

Dilihat dari geografis, Kutai memiliki sumber ekonomi dari kegiatan perdagangan.  Perdagangan antara daerah pedalaman dengan para saudagar Kutai yang kemudian menjualnya ke pedagang asing, dengan jalur perdagangan Kalimantan – Jawa – Selat Malaka – China dan sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...