Rabu, 17 Februari 2016

Sejarah Indonesia : Kebudayaan Masa Mesolithikum

Learning history for all peopleA.   
  Masa mesolithikum
1.    Kjokkenmodinger
Pada mesolithikum manusiapurba  sebagian elah mulai hidup didalam gua-gua diarea dekat, namun sebagian lagi masih nomaden. Mereka masih berburu dan meramu. 
Bagi manusia purba yang hidup menetap, baik dirumah panggung , mereka yang tinggal dirumah panggung menghasilkan kebudayaan Kjokkenmodinger atau kebudayaan sampah dapur ( Kjokken = dapur, modinger= sampah ). Bukti kebudayaan kjokkenmodinger ditemukan di daerah Langsa, Aceh. Yaitu berbentuk bukit dari tumpukan kerang dan siput yang menjadi fosil.
Peneliti kebudayaan Kjokkenmodinger adalah Dr. P.V. Van Stein Callenfels  pada tahun 1925.  Pendukung kebudayaan ini  manusia purba Ras Papua Melanesoid.
Selain tumpukan kerang juga ditemukan pebble ( kapak Sumatera), hanche courte ( kapak pendek ), batu penggilingan dan landasannya ( Cowet, Sunda)
2.    Abris Sous Roche
Manusia purba yang tinggal di dalam gua menghasilkan kebudayaan Abris Sous Roche. Bentuknya flakes, ujung panah dari batu, alat-alat dari tulang, tanduk tulang, alat dari perunggu.  Peneliti kebudayaan ini adalah Dr.P.V. Stein Callenfels tahun 1928 – 1931. 
Dari periode ini budaya berburu kaum laki-laki dibuktikan oleh ditemukannya alat serpih bilah di Gua Cokondo, Ulleba, Balisao ( Sulawesi) , sering disebut kebudayaan Toala. Di Jawa ditemukan di Gua sampung
Dalam masa berburu ini ditemukan juga peninggalan alat dari tulang dan kapak genggam yang ditemukan didaerah Sampung ( Gua Lawa), Besuki ( Gua petpuruh, Sodong dan Marjan) di Bali ditemukan di Gua Karang Bomo 1 dan 2 sering disebut kebudayaan Sampung.
Namun, bagi manusia purba yang mulai menetap, terutama kaum perempuan mulai bercocok tanam kacang-kacangan, umbi-umbian yang memang mudah tumbuh.  Mereka mulai memproduksi makanan ( food producing ).
Pada masa mesolithikum, sebagian manusia purba masih menjalani hidup nomaden, mereka mencari makanan dari satu tempat ketempat lain ( food gathering.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...