Sabtu, 19 September 2015

Gerakan Taliban

Pendirian Negara komunis di Afganistan oleh rezim Babrak Karmal membuat ummat Islam Afghanistan menentang melalui gerakan Mujahidin Afghanistan.  Kaum Mujahidin mendapat dukungan dari Negara-negara Islam, khususnya Arab Saudi dan Pakistan, termasuk Amerika Serikat.
Gerakan Taliban dilator belakangi oleh Kekalahan Uni Sovyet pendukung rezim komunis, membuat Afghanistan terpecah kedalam beberapa faksi militer bersenjata yang saling memerangi.  Kondisi yang menyengsarakan ini memunculkan gerakan Taliban ( santri ). Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung Pashtun yang secara efektif menguasai hampir seluruh wilayah Afganistan sejak 1996 sampai 2001. Kelompok Taliban dibentuk pada September 1994.
Ideologinnya yang berbasis Islam membuat Negara-negara barat tidak bersimpati terhadap gerakan Taliban, apalagi ketika Taliban menerapkan hokum syariah Islam yang ketat. Kelompok Taliban ini mendapat pengakuan diplomatik hanya dari tiga negara: Uni Emirat Arab, Pakistan, dan Arab Saudi, serta pemerintah Republik Chechnya Ichkeria yang tidak diakui dunia.
Gerakan Taliban dipimpin Mullah Mohammed Omar, pemimpin gerakan ini, adalah mullah desa (pelajar yunior agama Islam), yang sebagian besar belajar di madrasah di Pakistan. Gerakan ini terutama berasal dari Pashtun di Afganistan, serta Provinsi Perbatasan Barat Laut (North-West Frontier Province, NWFP) di Pakistan, dan didukung banyak sukarelawan dari Arab, Eurasia,serta AsiaSelatan.

.
Penyebab kedua ,Pasca mundurnya Soviet dan jatuhnya Najibullah, mereka seolah tersingkir. Kota Kabul jatuh ke tangan seorang pemimpin Tajik bernama Burhanuddin Rabbani dengan pemimpin perangnya bernama Ahmad Shah Massoud, dan juga pasukan Uzbek di Utara Afghanistan yang dipimpin oleh Abdul Rashid Dostum. Ini merupakan pukulan psikologis bagi orang Pasthun, karena ini adalah kali pertama mereka kehilangan kekuasaan setelah selama 300 tahun menguasai Afghanistan.

Taliban memiliki kedekatan dengan Pakistan, dimana sebagian besar anggota pasukan mereka berasal dari madrasah-madrasah milik Maulana Fazlur Rehman, dan didukung oleh Jamiat-e-Ulema-Islam (JUI), yaitu sebuah partai politik yang sangat mendukung etnis Pashtun di Baluchistan dan North West Frontier Province (NWFP) di Pakistan. Lebih strategisnya lagi, Rehman pada saat itu adalah sekutu Perdana Mentri Benazir Bhutto dan dia memiliki akses untuk melobi pemerintah, tentara, dan pejabat intelijen ISI Pakistan.

Penyebab ketiga , Amerika Serikat dan pengikut-pengikutnya berhasil menyebarkan permusuhan di kalangan faksi-faksi mujahidin, selain juga berhasil membunuh Kamal Sananiri pada tahun ’81, pembunuhan terhadap Dr. Abdullaah Azzaam pada tahun ’89 berhasil menciptakan perpecahan di antara faksi-faksi mujahidin. Faksi-faksi Mujahidin saling menarik pajak dan upeti kepada masyarakat. Semakin banyaklah patroli yang berkeliling di jalan-jalan yang mengumpulkan pajak dengan paksa kepada orang-orang yang lewat dengan kendaraan mereka.

Penyebab keempat, adanya dukungan dari Pakistan mendukung Taliban dan mempermudah gerakan para Talib ke Afghanistan untuk bergabung dengan Taliban. Pakistan juga membuka perbatasan untuk suplai logistik bagi Taliban. Karena kedudukan terhormat para ulama, maulawi, dan Talib di masyarakat Afghan, Taliban meraih kemajuan dengan menguasai kawasan-kawasan lain di utara dan timur.
 Penyebab kelima , pembunuhan yang didalangi mentri pertahanan Mas’ud B terhadap sejumlah qurra dan penghafal al-Quran yang menjadi delegasi dari para Talib itu. Disebutkan bahwa jumlah orang-orang yang dikhianati itu, yang dibunuh di dalam masjid mencapai hampir 250 talib.
Kebijakan Taliban :
1.      Penerapan syariat Islam di seluruh kawasan yang berada di bawah kekuasaannya dengan menjadikan Kabul yang dikuasainya pada 27-9-1996 sebagai ibukota dan basis gerakan politiknya dan menjadikan Kandahar sebagai tempat tinggal Amirul Mukminin dan basis gerakan legislasi dan organisasinya.
2.      Penciptaan stabilitas dan keamanan di seluruh kawasan negeri Afghanistan,
3.      Pemulihan bangunan, dan pembangunan infrastruktur di seluruh kawasan negeri Afghanistan.
Pemerintahan Taliban digulingkan oleh Amerika Serikat karena dituduh melindungi pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden yang juga dituduh Washington mendalangi serangan terhadap menara kembar WTC, New York pada tanggal 11 September 2001 .

Untuk menggulingkan pemerintahan Taliban , Amerika Serikat bekerja sama dengan kubu Aliansi Utara. Invasi ini dimulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2001 dengan secara mengejutkan sehingga pihak Taliban langsung keluar dari ibukota Afganistan, dan menjalankan taktik perang gerilya hingga kini.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...