Minggu, 06 September 2015

SUMBER-SUMBER SEJARAH

Learning history for senior high schools
Sumber sejarah adalah bahan-bahan yang dapat dipakai sebagai informasi penting untuk menyusun cerita sejarah. Hal ini tak lepas dari cerita sejarah harus berdasarkan bukti-bukti yang kuat dan bisa dipertanggungjawabkan. Sejarah bukan dongeng yang bersifat fiktif tetapi peristiwa nyata yang pernah terjadi dan direka ulang dalam bentuk penulisan sejarah.
Ketika seorang sejarawan akan menulis sebuah cerita sejarah, maka ia harus terlebih dahulu mengumpulkan bahan-bahan sejarah atau bukti-bukti sejarah. 
Dalam metode sejarah tahap ini disebut dengan Heuristik atau kegiatan mencari, menemukan bukti-bukti sejarah.  Bukti yang ditemukan dikritik keasliannya, kerelevanannya dengan cerita peristiwa yang akan ditulisnya.
Ketika tahap kritik selesai di lanjutkan dengan memberi penafsiran terhadap fakta-fakta sejarah yang ada baru kemudian diadakan penulisan peristiwanya atau disebut historiografi.
Sumber-sumber sejarah primer terdiri dari keterangan dari pelaku sejarah, orang yang menyaksikan peristiwa sejarah tersebut.
Sumber sejarah sekunder adalah informasi sejarah yang didapat bukan dari pelaku sejarah dan  bukan dari saksi peristiwa sejarah tersebut.  Tetapi diperoleh dari dokumen-dokumen, buku yang ditulis oleh pelaku dan saksi peristiwa sejarah.
Disisi lain dikenal juga sumber lisan yaitu sumber sejarah yang berasal dari keterangan langsung pelaku dan saksi sejarah.
Sumber tertulis adalah informasi sejarah yang berbentuk tulisan seperti prasasti, dokumen, majalah, Koran, bulletin dll

Sumber benda adalah sumber sejarah yang berbentuk benda seperti patung, candi, gedung, pakaian dll.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...