Kamis, 22 Oktober 2015

DI/TII di Aceh

Learning history for all people

Tanya : Bagaimana hubungan dengan DI/TII di Aceh ?
M. Natsir  :  ya, jadi di Aceh, ya di Aceh kita coba selesaikan, tapi kita tadinya mencoba mengirim surat.  Saudara, saya ambil waktu yang terakhir, sebelum, hubungan kita dengan Daud Beureuh baik. Masih ada kemungkinan-kemungkinan untuk tidak akui itu permusuhan, kita tunda  sampai ada kesempatan. Kita biarkan dia mendakwakan Negara Aceh. Kita tak sebut-sebut itu.  Kita bicara manusia dengan manusia saja.  Daud setuju. Tak ada banyak officer-officer, cara approach kita sudah secara yuridis formil. Tidak mereka itu sudah punya kekuasaan.  Seolah-olah sudah jadi provinsi.  Tak disebut sudah propinsikan atau tidak. 
Tetapi sesudah itu keadaan tambah tajam.  Diwaktu-waktu terakhir saya dating, Daud Beureuh tak mau jemput di Airport.  Di utus istrinya.  Waktu saya beberapa kali ke Aceh di jemput sendiri.
Ada tempat pertemuan khusus tamu-tamu, dia tak sambut saya.  Mau bawa saya ke Hotel.  Jadi itu saya ceritakan, yang mana hubungan saya dengan Daud Beureuh sudah beberapa waktu buruk.  Jadi dia tak ikut istrinya.
Kedua, saya mau naik tempat pertemuan penginapan resmi.  Dia bawa saya ke Hotel, itu instruksi beliau.  Saya lihat jalannya. Mau kemana ini, saya protes, saya ndak mau ke Hotel.  Saya mau ketempat yang lama, kalau tidak saya kembali. Jadi saya gertak gitu.  Dia takut juga ( M. Natsir tersenyum ).  Orang tahu  bahwa saya dating ketempat biasanya saya menginap. Ya , saya sudah seolah-olah tempat yang sudah biasa.  Orang dating nggak setuju atau apa setahu atau tidak setahunya Daud Beureuh orang berdatangan.  Natsir dating ini . buat apa dating ?  Saya bilang mau nyusul, hendak musyawarah.  Mau kami di Jakarta.  Perkara provinsi Aceh itu kita ukur dengan Undang-undang.  Kami di Jakarta mempersiapkan Undang-undang.  Undang-undang sudah siap kita bawa ke Parlemen.  Parelemen, jangan mendadak begitu saja.  Kami sudah putuskan begitu.  Itu memang begitu.   Tetapi mempesiapkan itu ada waktu.  Parlemen juga ada waktu.  Jadi mereka itu gak tegar. Ndak sabar menunggu keputusan itu.

Bersambung …..

Jumat, 16 Oktober 2015

Sejarah Indonesia :Pemberontakan DI/TII

Learning Indonesian history for all :

Sejarah Indonesia 
Wawancara dengan M. Natsir
Tanya : Mengenai terjadinya DI/TII,  bagaimana hubungannya dengan Masyumi ?
M. Natsir : Sebenarnya DI/TII ini ada sesudahnya Jawa Barat dilepaskan kepada Belanda. Tadinya itu republiken semua. Ini kan DI , ada keputusan antara permusyawaratan Belanda dengan Indonesia, supaya Jawa Barat dikosongkan dari RI, itu bukan main pedihnya bagi orang-orang Jawa Barat.  Seolah – olah disingkirkan  dari Republik.  Padahal mereka berjuang.  Padahal perjuangan pertama di Bandung dengan Nasution.  Dengan menjadi mereka merasa orang yang ditinggalkan oleh Republik.  Saya lihat Kartosuwirjo waktu  itu pergi ke Jogja kerjasama dengan pemerintah Bung Hatta, dengan Kartosuwirjo selalu bertemu bermusyawarah bagaimana membantu orang yang ditinggalkan itu, tetapi tak resmi.  Tetapi bantu dengan keuanganlah banyak sedikitnya, supaya orang itu mengadakan perjuangan terhadap Belanda, dengan, dalam majlisul Islam atau apa itu namanya.<a href=http://www.Myhistoryofleadership.blogspot.com>pindah</a>.
 

Kamis, 15 Oktober 2015

M. Natsir : Sutan Sjahrir dan Tan Malaka

Learning history for all

Tanya : TENTANG POLITIK SUTAN SJAHRIR DAN TAN MALAKA, BAGAIMANA PANDANGAN BUYA ?
Jawab M Natsir : Itu ada dua posisi, ada komunis, PKI, ada Tan Malaka. Bagi kita yang sebenarnya bertentangan itu PKI. Tan Malaka Ini mau main ditengah, antara kita dengan itu. Jadi tidak sangat merepotkan. Tak begitu memikirkan. Tidak perlu dihadapilah Tan Malaka ini. Sehingga dia itu bisa melebihi  supporter.  Dia tak punya akar dan dia tak punya pengikut kuat di sini.  Sebab putus selama diluar negeri. Tapi dia, sebagai politikus dia cukup hebat. Tapi, karena ndak berkaki kebawah. Jadi dari pada repot-repot menghadapi oposisi Tan Malaka , ya kita begini sajalah tak perlu dihadapi.  Kalau dia bicara, bicaralah, tapi kita tahu apa yang dikatakannya itu, intelegensia bisa menerimanya, tapi orang awam tak mengerti.  Politiknya terlampau tinggi.  Sedang PKI pandai menimbulkan image.  Kalau Tan Malaka tak bisa begitu.
Tanya : Mengenai Sjahrir , bagaimana Buya ?
Jawab Natsir : Politiknya Sjahrir yang diplomasi, ya itu kita semua setuju, ndak ada yang menolak.
Tanya : Bagaimana dengan aksi FDR ?
Jawab Natsir :  FDR itu suatu badan , suatu front, suatu badan, suatu front saja.  Mempertahankan diri atas nama lain., Kita tahu itu PKI.  Jadi yang kita hadapi PKI yang sebenarnya, jadi kalau PKI kita hadapi dengan sendirinya kita hadapi FDR ?
Tanya : Kenapa pada awalnya Pak Sudirman simpati terhadap FDR ?
Jawab Natsir : ya itu,  maklumlah Pak Dirman seorang pejuang, seorang prajurit. Jadi dia belum lihat, nampaklah orang-orang jujurlah begitu, dia lebih tertarik orang-orang yang diajukan FDR itu, nampaknya orang-orang yang bisa bawa serta.
Bersambung …..


Rabu, 14 Oktober 2015

Wawancara dengan M. Natsir

Learning history for all
M. Natsir adalah Perdana Mentri era Demokrasi liberal Parlementer 1950-1951 , berikut sambungan wawancara dengan beliau ...

Tanya : bagaimana pandangan Buya terhadap system partai tunggal yang diajukan Presiden Soekarno ?
Jawab : Partai tunggal waktu itu di Jakarta. Waktu itu kita masih di Jakarta.Waktu kita belum mengadakan KNIP. Itu waktu dia masih di sini. Dia mengajukan partai tunggal. Itu kita tolak.  Partai tunggal itu artinya fasisme.  Jadi nampaklah kita bayangkan bahwa kemauan dari Presiden Soekarno disaat-saat yang kritis keluar dia punya kemauan, kepribadian, pendapat atau political ideologinya disaat-saat kritis. Tapi kalau sudah selesai pidato-pidatonya baik-baik saja, sudah merangkul semua, jadi itulah kalau kritis dan sesudahnya, saudara tahu bahwa Soekarno mengadakan partai tunggal lagi waktu dia sudah berkuasa.  Jadi itulah yang kita alami yang kalau kritis Nampak kepribadiannya.
Tanya : Soal ketidakseimbangan didalam KNIP, antara kalangan Islam dengan kalangan sekuler ?
Jawab : Mula-mulanya KNIP itu tidak ada pilihan dan tentu partai mana itu, bukan partai itu sekian-sekian.  Karena pemimpin-pemimpin yang aktif dalam revolusi, yang secara ukhuwah, secara ikhlas saja, kita pokoknya menghadapi musuh.  Musuh itu kita hadapi dulu, itu kita atur belakangan, itu umum.  Orang Kristen ribut mengenai anggaran dasar kita, lantas pendapat tuan bagaimana ? ya kata yang lima itu dibuang saja, yang islam dalam piagam Jakarta.  Jadi waktu itu kita menghadapi perjuangan fisik serikat.  Begitu penuh dengan pikiran kita, kita begini saja, selamatkan kita dulu, capai kemerdekaan.Sudah itu, kita atur kedalam, jadi kita bicara banyak itu dululah. Kadang itu tepat, kadang itu tidak tepat. Ada yang tepat ada yang tidak tepat. Perkara mana itu ya biarkan saja, tapi ada yang lantaran kita tolak itu menjadi dasar perjuangan.<a href=http://www.Myhistoryofleadership.blogspot.com>pindah</a>.

Bersambung ….

Minggu, 11 Oktober 2015

Ahmad Lussy: pejuang Islam Maluku

Learning history for allAhmad Lussy atau Mat Lussy atau sering dipanggil Kapiten Pattimura merupakan seorang Islam yang taat terhadap ajaran Islam, bahkan tergolong seorang ulama dan pejuang anti penindasan yang dilakukan pemerintah colonial Belanda. Ia lahir 8 Juni 1783 di Hualoy, Seram Selatan, Maluku. Ia bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang dipimpin Sultan Abdurrahman atau sultan Kazim. pindah. Perlawanan yang dilakukan ulama bernama Ahmad Lussy terhadap pemerintah colonial Belanda didasarkan sikap Belanda yang mengenakan monopoli perdagangan, penerapan pajak tinggi, pelayaran Hongi terhadap para pedagang Maluku, kewajiban menyerahkan ikan asin, dendeng dan kopi serta misi penyebaran agama Kristen yang didukung pemerintah colonial Belanda. Pemerintah Kerajaan Belanda hancur oleh pasukan Napoleon Bonaparte. Negeri Belanda diduduki Perancis. Tanah jajahan Kerajaan Belanda, Nusantara juga diambil alih Perancis dengan mengirim Gubernur Jendral Herman William Daendels. Walau kemudian direbut oleh Inggris, tetapi Inggris melalui Gubernur Jendral Raffles dapat menikmati kekayaan Indonesia. Traktat London yang mengharuskan Inggris menyerahkan Nusantara Kepada Belanda membuat pemerintahan colonial Belanda berkuasa lagi di Indonesia. Gubernur Jendral Van Den Bosch dan para penggantinya harus menata wilayah jajahan, mencari dana sebesar-besarnya dengan berbagai cara, baik untuk dikirim ke Kerajaan Belanda yang butuh dana untuk pembangunan juga untuk membayar hutang dan menggaji para pegawai pemerintah colonial Belanda dan biaya perang untuk menghadapi perlawanan rakyat Indonesia. Karena itu, cara-cara keras dilakukan Belanda untuk mencapai tujuan politik dan ekonominya, termasuk didaerah Maluku. Kerajaan-kerajaan Islam dan Umat Islam Maluku sangat menentang penjajahan dan ketidakadilan yang dilakukan pendatang Eropa, Belanda. Bekerjasama dengan Kesultanan Ternate, Kesultanan Tidore, Raja-Raja Bali, Kerajaan-kerajaan Islam di Sulawesi, Jawa, Patimmura atau Ahmad Lessy mengerahkan semua kekuatan untuk menentang invasi pasukan Kristiani Belanda. Kekuatan Besar rakyat Maluku dihadapi Belanda dengan mengerahkan armada besar dan pasukan besar dari berwajah Bule Belanda maupun pasukan Belanda item, kaum tentara bayaran pribumi dan mereka dipersenjatai dengan senjata lebih modern. Karena itu, walau pasukan Maluku diawal mengalami kemenangan, tetapi pengalaman perang di Eropa, persenjataan lebih modern, kemampuan dana besar untuk menyewa tentara bayaran, membuat pemerintah colonial Belanda berhasil mendesak pasukan rakyat Maluku dan pasukan sukarela nusantara dan Kapiten Ahmad Lussy pun berhasil ditangkap di daerah Siri Sori. Pada tanggal 16 Desember 1817, Kapiten Ahmad Lussy tewas ditiang gantung tentara colonial Belanda karena dianggap bersalah memimpin rakyat Maluku menentang tindakan dan kebijakan politik dan ekonomi pemerintah colonial Belanda. Sumber : 1. Salman Iskandar. 55 Tokoh Muslim Indonesia paling berpengaruh. Solo: Tinta Medina, 2011.

Wawancara dengan M Natsir

Learning history for all PENDIRIAN PARTAI MASYUMI: WAWANCARA DENGAN M. NATSIR Pertanyaan: Dalam pembentukan partai Islam di Yogyakarta, kenapa nama Masyumi yang dipilih ? M. Natsir : suasana di Yogyakarta yang ada pada saat itu ialah suasana persatuan, sebab kita menghadapi bahaya dari tentara serikat. Jadi kita dari Masyumi, Muhammadiyah, NU, ya menutup mata tentang apa yang menjadi perbedaan. Kita bertemu di Kauman Yogyakarta. Jadi suasana saat itu suasana yang baik untuk persatuan. Perbedaan ada saja. Ada yang katakana Partai Islam Indonesia, tetapi karena selama ini, Masyumi telah popular dikalangan banyak. Pada, walau maksudnya lain, tetapi jatuh suatu diktum, jatuh voting, voting memilih Masyumi, jadi kita menerima saja. Bukan suatu hal yang prinsip. Sedang kita sudah mempunyai anggaran dasar yang terang, tak anggaran dasar Masyumi lama. Jadi anggaran dasar itu sudah selesai. Sudah dibicarakan, sudah rapat, Jadi soal nama tak penting. Perasaan orang waktu itu yang penting persatuan. Yaitu Masyumi sajalah, tetapi dengan anggaran dasar yang baru.pindah. Tempat wawancara : Jakarta , 21 desember 1990, tempat : gedung DDII, Jln. Kramat raya, Jakarta Pusat.

PENGURUS PARTAI MASYUMI 1945

Learning history for all PENGURUS PARTAI MASYUMI 1945 Gagasan Soekarno yang menginginkan PNI sebagai partai tunggal diawal kemerdekaan yang ditolak berbagai kelompok politik, mendorong keluarnya maklumat pemerintah no X 3 Nopember 1945, yang ditandatangani Wakil Presiden Mohammad Hatta, melahirkan partai politik yang mewakili aspirasi ummat Islam Indonesia. Partai Masyumi berdiri tanggal 7 nopember 1945, di Kauman, Yogyakarta. Dalam anggaran dasarnya menyatakan partai Masyumi berasaskan” Islam”. Tujuannya adalah terlaksananya ajaran Islam dan hokum Islam didalam kehidupan orang seorang, masyarakat dan Negara Republik Indonesia, menuju keridhaan Illahi. Partai ini didukung oleh dua organisasi besar Islam di tanah air yaitu Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama, tetapi juga didukung oleh organisasi islam yang lebih kecil seperti Persisi, AL Irsyad, Matlaul Anwar, Al wasliyah, Syarekat Islam , Al Ittihadiyah. pindah. PIMPINAN PUSAT PARTAI MASYUMI 1945 Ketua : Soekiman Wirjosandjojo Wakil ketua I : Abikusno Tjokroadisuryo Wakil Ketua II : Wali Alfatah Sekretaris I : Harsono Tjokroaminoto Sekretaris II : Prowoto Mangkusasmito Bendahara : Mr. R.A. Kasmat Anggota : KH. M. Dahlan : HM Faried Ma’ruf : Junus Anies : KH. Fakih Usman : KH. Faturahman : Dr. Abu Hanifah : M. Natsir : S.M. Kartosoewirjo : Anwar Tjokroaminoto : Mr. Samsudin : Mr. Mohammad Roem Bagian Penerangan : Wali Al Fatah, A. Gafar Ismail Barisan Hizbullah dan Fisabilillah : KH Masjkur, W. Wondoamiseno, Hasjim Susilo Adikusumo, Bagian keuangan : Mr. R.A. Kasmat, R Prawirojuwono, H.A. Hamid BKN Bagian Pemuda : M. Mawardi, Harsono Tjokroaminoto Majlis Syuro : Ketua Umum : KH. Hasyim Asj’ari Ketua Muda I : Ki Bagus Hadikusumo Ketua Muda II : KH. A. Wahid Hasyim Ketua Muda III : Mr. Kasman Singodimedjo Anggota : R.H.M. Adnan : H.A. Salim : KH. Abdul Wahab : KH. Abdul Halim : KH. A. Sanusi : Syeck M Jamil Djambek Sumber : 1. Deliar Noer. Partai Islam di Pentas Nasional, Jakarta: Grafiti Pers, 1987, hal 100 2. M. Natsir. Capita selecta. Jakarta: Bulan Bintang, 1973

Jumat, 02 Oktober 2015

SEKARMADJI MARIDJAN KARTOSOEWIRJO

Learning history for senior high schools
Nama  Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo sangat dikenal dalam konflik ideology politik dalam sejarah perpolitikan  Indonesia, khususnya pada periode 1945 hingga 1960.  SM Kartoseoewirjo lebih dikenal sebagai pimpinan DI /TII  yang menentang pemerintahan Republik Indonesia pasca perjanjian Renville .
Era Pergerakan nasional melahirkan para pemuda Indonesia yang kritis tidak saja terhadap penjajahan Belanda dan Jepang, tetapi terhadap masa depan Negara Indonesia yang mereka perjuangkan. Ir Soekarno, Drs. Mochammad Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, M. Natsir merupakan nama-nama popular dalam perdebatan tentang masa depan Indonesia.( kunjungi :http://myhistoryofleadership.blogspot.com)
Sekar Maridjan Kartosoewirjo kelahiran Cepu 7 Januari 1905, Jawa Timur.  Ia anak dari Kartosoewirjo, seorang mantri dikota kecil Pamotan dekat Rembang.  Sebagai seorang Mantri tentu saja posisinya sangat terpandang dimata rakyat .  Ia adalah orang yang menerima berbagai pandangan dan pemikiran bangsa penjajah yang rasional dan liberal.

Rabu, 30 September 2015

Kerajaan Kutai

Learning history for senior high schools
Kerajaan Kutai terletak dihulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur.  Kerajaan Kutai sering disebut Kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Keberadaan kerajaan Kutai didapat dari informasi berupa Yupa ( prasasti ).  Terdapat 7 yupa yang berisi informasi penting mengenai keberdaaan kerajaan Kutai.

Prasasti atau Yupa ditulis dengan menggunakan hurup Pallawa dan bahasa yang dipakai untuk penulisan isi prasasti adalah bahasa sangsekerta.  Hurup Pallawa dan bahasa Sangsekerta berasal dari kebudayaan Hindu Indonesia.  Karena itu, Yupa menunjukkan masuknya pengaruh Hindu India kedalam peradaban dan kebudayaan Kerajaan Kutai, Kalimantan.
Dari isi Yupa diceritakan bahwa pendiri kerajaan Kutai adalah Kundungga.  Kundungga memiliki anak bernama Aswawarman dan Aswawarman memiliki anak yang menjadi raja Kutai terkenal yaitu Mulawarman.  Kundungga menurut para ahli adalah nama asli Indonesia, sementara nama Aswawarman dan Mulawarman merupakan nama yang sudah dipenagruhi agama Hindu dan ia telah menjadi pemeluk Hindu.
Pengaruh Hindu yang kuat dibuktikan dengan adanya upacara Vratystoma, dimana Mulawarman memberikan derma 1000 ekor lembu kepada kaum Brhamana.

Dilihat dari geografis, Kutai memiliki sumber ekonomi dari kegiatan perdagangan.  Perdagangan antara daerah pedalaman dengan para saudagar Kutai yang kemudian menjualnya ke pedagang asing, dengan jalur perdagangan Kalimantan – Jawa – Selat Malaka – China dan sebaliknya.

Senin, 28 September 2015

Manusia pertama dalam sejarah

Learning history for senior high schools
Manusia -Pertama -dalam -Sejarah
Bila para antropologi belum dapat menentukan dengan pasti siapa manusia pertama didunia dalam sejarah peradaban manusia.  Maka , para sejarawan Islam, bersumber dari Al Qur’an dengan tegas menyatakan manusia pertama adalah Adam as dan Istrinya Siti Hawa.
Dasar pemikirannya bersumber dari surat Al Hijr ayat 28-29, yang terjemahannya berbunyi, “ (ingatlah), ketika RabbMu berfirman kepada para Malaikat,”sungguh, Aku akan menciptakan seoran manusia dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka, apabila Aku telah menyempurnakan ( kejadian)nya, dan Aku telah meniupkan ruh-Ku kedalmnya. Maka tunduklah kalian kepadanya dengan bersujud.”

Minggu, 20 September 2015

Tradisi local –Hindu Budha-Islam di Indonesia

Learning history for senior high schools
Tradisi local –Hindu Budha-Islam di Indonesia
Ditemukannya fosil manusia purba diberbagai tempat di Indonesia menunjuukkan Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang.  Gelombang manusia Proto Melayu dan Deutro Melayu makin memperkaya sejarah asal usul manusia Indonesia.
Karena manusia menghasilkan budaya, maka, kedatangan gelombang manusia proto melayu dan Deutro Melayu serta masuknya budaya Hindu Budha dan Islam makin memperkaya khazanah sejarah manusia dan budaya Indonesia.
Dibidang kebudayaan, masuknya budaya-budaya baru dari luar kepulauanIndonesia makin menghidupkan berbagai budaya yang ada, yang diwariskan dari generasi kegenerasi manusia sebelumnya.  Budaya-budaya baru diterima, diadaptasi dengan cerdas, disesuaikan dengan alam dan tradisi yang sudah ada.  Yang buruk dibuang yang baik diambil, ditempatkan dalam kerangka budaya yang sudah ada, sehingga, memperkuat dan makin menghidupkan tradisi dan budaya yang ada.
Tradisi-tradisi dibidang kepercayaan seperti penghormatan kepada roh nenek moyang yang telah ada sejak zaman purba, tidak dihilangkan ketika agama Hindu masuk, dan agama Hindu diterima , walau tidak seluruhnya, bila dalam agama Hindu jenazah dibakar, nenek moyang Indonesia dibeberapa tempat tidak dibakar, tetapi diletakkan di peti mayat atau dikubur batu dan dibuatkan arca nenek moyang, pada zaman kemudian, dalam tradisi Hindu Jawa, mayat dikuburkan didalam candi.  Mereka pergi ke Candi bukan untuk memuja para dewa dalam agama Hindu tetapi juga memuja roh nenek moyang mereka, lengkap sengan sesajinya.

Sabtu, 19 September 2015

Gerakan Taliban

Pendirian Negara komunis di Afganistan oleh rezim Babrak Karmal membuat ummat Islam Afghanistan menentang melalui gerakan Mujahidin Afghanistan.  Kaum Mujahidin mendapat dukungan dari Negara-negara Islam, khususnya Arab Saudi dan Pakistan, termasuk Amerika Serikat.
Gerakan Taliban dilator belakangi oleh Kekalahan Uni Sovyet pendukung rezim komunis, membuat Afghanistan terpecah kedalam beberapa faksi militer bersenjata yang saling memerangi.  Kondisi yang menyengsarakan ini memunculkan gerakan Taliban ( santri ). Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung Pashtun yang secara efektif menguasai hampir seluruh wilayah Afganistan sejak 1996 sampai 2001. Kelompok Taliban dibentuk pada September 1994.
Ideologinnya yang berbasis Islam membuat Negara-negara barat tidak bersimpati terhadap gerakan Taliban, apalagi ketika Taliban menerapkan hokum syariah Islam yang ketat. Kelompok Taliban ini mendapat pengakuan diplomatik hanya dari tiga negara: Uni Emirat Arab, Pakistan, dan Arab Saudi, serta pemerintah Republik Chechnya Ichkeria yang tidak diakui dunia.
Gerakan Taliban dipimpin Mullah Mohammed Omar, pemimpin gerakan ini, adalah mullah desa (pelajar yunior agama Islam), yang sebagian besar belajar di madrasah di Pakistan. Gerakan ini terutama berasal dari Pashtun di Afganistan, serta Provinsi Perbatasan Barat Laut (North-West Frontier Province, NWFP) di Pakistan, dan didukung banyak sukarelawan dari Arab, Eurasia,serta AsiaSelatan.

Minggu, 13 September 2015

Kegunaan Sejarah

Learning history for senior high schools
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa yang terjadi dimasa lalu yang menimbulkan perubahan besar di masyarakat. Dari zaman purba hingga kini ada milyaran peristiwa sejarah. Walau yang ditulis dalam buku sejarah hanya sedikitr. Setiap peristiwa sejarah memiliki makna bagi pelaku dan saksi sejarah bahkan bagi manusia sesudahnya.
Kegunaan sejarah diantaranya :

Minggu, 06 September 2015

Akibat imperialism Barat

Learning history for senior high schools
Sejak ditemukannya jalan kedunia Timur, bangsa barat ( Inggris, Perancis, Belanda, Spanyol, Portugis, Jerman ) berupaya memperluas wilayah jajahan mereka.  Dengan dengan alasan mencari emas, menyebarkan injil dan mencari kemasyhuran mereka berusaha memper”adab”kan  bangsa Timur, melalui penjajahan dan eksploitasi yang sangat tidak humastik.
Dengan politik devide et impera dan strategi tipu muslihat,serta  teror mereka bisa menancapkan kekuasaan didunia Timur, khususnya Indonesia.  Secara khusus, imperalisme bangsa barat memiliki akibat politik yang sangat besar, yaitu :

SUMBER-SUMBER SEJARAH

Learning history for senior high schools
Sumber sejarah adalah bahan-bahan yang dapat dipakai sebagai informasi penting untuk menyusun cerita sejarah. Hal ini tak lepas dari cerita sejarah harus berdasarkan bukti-bukti yang kuat dan bisa dipertanggungjawabkan. Sejarah bukan dongeng yang bersifat fiktif tetapi peristiwa nyata yang pernah terjadi dan direka ulang dalam bentuk penulisan sejarah.
Ketika seorang sejarawan akan menulis sebuah cerita sejarah, maka ia harus terlebih dahulu mengumpulkan bahan-bahan sejarah atau bukti-bukti sejarah. 
Dalam metode sejarah tahap ini disebut dengan Heuristik atau kegiatan mencari, menemukan bukti-bukti sejarah.  Bukti yang ditemukan dikritik keasliannya, kerelevanannya dengan cerita peristiwa yang akan ditulisnya.
Ketika tahap kritik selesai di lanjutkan dengan memberi penafsiran terhadap fakta-fakta sejarah yang ada baru kemudian diadakan penulisan peristiwanya atau disebut historiografi.

Perang diplomasi sebelum kemerdekaan

Learning history for senior high schools
Kemerdekaan Indonesia diperjuangkan bukan saja oleh para tokoh kiri dan sekuler yang berpusat dinegeri Belanda, tetapi juga diperjuangkan oleh para mahasiswa dan tokoh Islam yang berkedudukan di Timur Tengah dengan tujuan jelas, Indonesia merdeka berdasarkan Islam.lihat :http://myhistoryofleadership.blogspot.com
Perang diplomasi dimulai sejak banyak para pemuda Islam Indonesia menuntut ilmu di Arab Saudi, Irak, Mesir . Suasana penjajahan di tanah air dan dibumi Timur Tengah yang telah beralih kedalam kekuasaan imperialis kristiani, Inggris, membuat mereka sadar bahwa kemerdekaan tanah air Indonesia perlu diperjuangkan, sekalipun berada jauh dinegeri orang.
Ajaran Islam yang melarang seorang muslim dipimpin orang kafir menjadi pendorong kuat membebaskan Indonesia dari kekuasaan Belanda yang kafir dan menyebarkan agama kristiani yang berarti mengancam keberadaan ummat dan kebudayaan Islam Indonesia.
Di Timur tengah,

Senin, 24 Agustus 2015

Sejarah Indonesia : Kerajaan Tarumanegara

Learning Indonesian history for all people
Dalam catatan sejarah Indonesia, pendiri Tarumanegara adalah Jayasingawarman dan beristri Minati Iswari Tungga Pertiwi, putri raja Salakanegara. Di bawah kepemimpinan Jayasinghawarman, Tarumanegara berkembang menjadi kerajaan besar dan berpengaruh dan menjadi kerajaan terkuat di Nusantara semasa Rajadiraja Purnawarman. Setidaknya, Tarumanegara memiliki 46 kerajaan bawahan dan bertahan hingga kekuasaan Raja ke 11 yang bernama Linggawarman.
            Masa kekuassan Linggawarman menjadi titik awal pembentukan dua kerajaan besar di Nusantara, yaitu Sriwijaya dan Mataram. Hal ini terjadi karena Linggawarman mempunyai dua putri, yaitu Manasih yang kawin dengan Tarusbawa anak raja Sunda Sembawa (Bogor), sebuah kerajaan bawahan dari Tarumanegara. Perkawinan Tarusbawa dengan putri mahkota Manasih, lahir Rakyan Sunda Sembada yang memerintah Sundapura (Batujaya) dan putri Rakeyan Sunda Sembada yang bernama Teja Kencana kawin dengan saudara jauhnya, Sanjaya. Sementara anak ke dua, Sobakencana kawin dengan Dapuntahyang Sri Jaya Naga, yang dengan bantuan kekuatan militer Tarumanegara dapat mendirikan kerajaan Sriwijaya.

TARUMANEGARA dan SANJAYA : Sebuah Rekonstruksi Sejarah

Learning history for senior high schools

Minggu, 23 Agustus 2015

Sejarah Kerajaan Kutai

Learning history for senior high schools
Sejarah kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai terletak ditrepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur.  Kerajaan Kutai bercorak Hindu dan menjadi kerajaan Hindu pertama di Nusantara.

Berita keberadaan Kerajaan Kutai bersumber dari 7 prasasti yang disebut Yupa.  Yupa ditulis dengan hurup Pallawa dan ditulis menggunakan bahasa Sanksekerta.  Yupa ditulis pada abad ke 4.

Yupa memberitakan bahwa Raja pertamanya bernama Kundungga dan memiliki anak bernama Aswawarman, Aswawarman memiliki anak berma Purnawarman.  Kundungga merupakan nama asli Indonesia. Sementara, ASwawarman dan Mulawarman merupakan nama yang telah dipengaruhi agama dan kebudayaan Hindu.

Rabu, 08 Juli 2015

Agama Hindu

Learning history for senior high schools
Agama Hindu
Sekitar tahun 1500 sm bangsa Arya yang nomaden dari kawasan Kaukasia menyerbu India, menyerbu pusat kebudayaan Indus .  Mereka mengalahkan suku Dravida dan membentuk kebudayaan Hindu .
Untuk menjaga keunggulan bangsa Arya atas bangsa Dravida, mereka membentuk kebudayaan Hindu dengan system masyarakatnya yang berkasta, yaitu kasta Brahmana, kasta tertinggi yang anggotanya para ahli agama Hindu dan keluarganya, kedua kasta Kstaria yaitu kasta para Raja dan pejabat pemerintahan, ketiga kasta Waisya atau golongan pedagang, berikutrnya kasta sudra atau golongan petani, terakhir kasta paria atau para budak.

Dalam kepercayaan Hindu, mereka menyembah tiga Dewa, yaitu Dewa Brhahma, Wisnu dan Syiwa.  Dewa Bhrahma dipercaya sebagai Sang Pencipta, Dewa Wisnu dipercaya sebagai Dewa pemelihara dan Syiwa sebagai Dewa perusak.
Agama Hindu sangat menekankan hokum karma.  Setiap perbuatan manusia memiliki pengaruh terhadap masa depannya.

Sungai Gangga dianggap sebagai sungai suci.  Mandi dengan air sungai gangga dianggap akan menghapus dosanya.

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...