Senin, 30 Maret 2015

Parang Tritis

Learning history for senior high schools

Mengelilingi objek-objek pariwisata Yogya cukup menguras tenaga.  Dari gunung mengalir ke pantai .Bersantai di pantai Parang tritis, langit cerah, lebih cerah lihat putra putri candi Jiwa jiwa menikmati liburannya, dalam kisah perjalanan Dari Borobudur ke Prambanan

 Haidar Jabbarsyah Latief dan Raisa Hisani Malika Latief ceria di Parang tritis

Candi Prambanan

Learning history for senior high schools

Candi  Prambanan

Dinasti Syailendra dari kerajaan Mataram Kuno menghasilkan karya besar berupa candi Borobudur Sementara itu , saingan politiknya, Dinasti Sanjaya menghasilkan Candi Prambanan'



Sisi - sisi yang menunjukkan karya seni berkualitas tinggi




Rabu, 25 Maret 2015

Kerajaan Goa Tallo

Learning history for senior high schools


Agama Islam menyebar luas dikepulauan Nusantara dan meninggalkan jejak tidak hanya dalam bentuk bangunan Mesjid dan perkampungan kaum muslimin, tetapi juga dalam bentuk kerajaan-kerajaan Islam ( Kesultanan ), demikian yang terjadi di Sulawesi, meninggalkan jejak sebuah Kerajaan Islam terkenal, Goa Tallo.
Kebedaan Kerajaan Goa Tallo ini bersumber  dari  berita  tertulis  Tome Pires dimana dia mendeskripsikan  keberadaan  kerajaan Goa Tallo.  Tome Pires selama perjalanannya ke wialayah Asia banyak bertemu dengan para pelaut nusantara dank arena itu ia banyak mengumpulkan informasi yang ditulis dalam deskripsi perjalanannya.

Dari catatan Tome Pires  , kerajaan Goa Tallo digambarkan sebagai negeri yang kaya akan beras putih dan juga bahan-bahan makanan lainnya, banyak daging dan juga banyak kapur barus hitam. Mereka memasok barang dagangan dari luar, antara lain jenis pakaian dari Cambay, Bengal, dan Keling. Penduduknya  menjalin hubungan dagang dengan  jaringan perdagangan dari Cina  dan berdagang barang-barang berupa keramik.  Adanya keramik yang diimpor  dapat dibuktikan dengan banyaknya temuan keramik dari masa Dinasti Sung dan Ming dari daerah Sulawesi Selatan.
Islamisasi Kerajaan Gowa Tallo,  dimulai sejak pertengahan abad ke-16 melalui perdagangan dengan negeri-negeri Melayu sampai kepulauan Malaka. Sejak kerajaan Gowa-Tallo resmi tahun 1605 M, Gowa meluaskan pengaruh politiknya agar kerajaan-kerajaan lainnya juga masuk Islam dan tunduk kepada kerajaan Gowa-Tallo antara lain Wajo tanggal 10 Mei 1610 dan Bone tanggal 23 November 1611 .

Prof. DR. Ahmad M. Swang, M.A ( 2005; 80 ) dan  H.J. de Graaf. pelaku islamisasi di Asia Tenggara melalui tiga metode yaitu: oleh para pedagang muslim dalam proses perdagangan yang damai, oleh para dai dan orang suci (wali) yang datang dari India atau Arab yang sengaja bertujuan mengislamkan orang-orang kafir dan meningkatkan pengetahuan mereka yang telah beriman, dan terakhir dengan kekerasan dan memaklumkan perang terhadap negara-negara penyembah berhala.

Pengislaman penduduk dan Raja Goa tallo diawali oleh para pedagang Melayu yang  mengundang tiga orang Muballigh dari Koto Tangah (Kota Tengah 2) Minangkabau agar datang di Makassar mengislamkan elit Kerajaan Gowa-Tallo. yaitu:

1.                  Abdul Makmur, Khatib Tunggal, yang lebih populer dengan nama Datuk ri Bandang.
2.                  Sulaiman, Khatib Sulung, yang lebih populer dengan nama Datuk Patimang.
3.                  Abdul Jawad, Khatib Bungsu, yang lebih dikenal dengan nama Datuk ri Tiro.
Ketiga ulama tersebut yang berasal dari Kota Tengah Minangkabau, menurut sumber yang ditulis oleh Sultan Aceh dan Sultan Johor untuk mengembangkan dan menyiarkan agama Islam di Sulawesi selatan.  

Pengislaman kerajaan Goa Tallo tidak lepas dari maraknya kristenisasi oleh Portugis  . Upaya pengislaman disamping dilakukan oleh ketiga Ulama dari Minangkabau juga dilakukan oleh penduduk Melayu yang telah menetap di Sulawesi , setelah jatuhnya Malaka ke tangan Portugis

Hubungan baik antara pendatang Melayu dengan penduduk setempat, menyebabkan mereka mendapatkan tempat istimewa di hati raja.  Raja Gowa berikutnya, yaitu Tonijallo (1565-1590) membangunkan tempat ibadah, sebuah masjid, di tempat pemukiman orang-orang Melayu, di Mangallekana.
Pemberian fasilitas masjid menandakan bahwa raja memberikan perhatian kepada para pedagang muslim. Di pihak lain, para pedagang muslim berusaha memelihara hubungan baik itu dengan kerajaan yang dapat dilihat dari kontribusi yang diberikan oleh para pedagang Melayu terhadap pembinaan kerajaan.

Masuknya VOC kekawasan Nusantara, apalagi setelah merebut kepulauan Maluku dari para pedagang Portuigis membuat VOC mengincar perdagangan di kerajaan Goa Tallo yang memang sangat ramai.

Namun, politik ekonomi yang serakah dari VOC membuat kerajaan Goa Tallo menolak upaya- upaya VOC, karena itu maka VOC menggunakan cara memerangi kerajaan Goa Tallo dengan bersekutu dengan kerajaan Bone yang sejak sebelum Islam tidak mau masuk Islam dan tidak mau dibawah kerajaan Goa Tallo. 

Kekurangan persenjataan modern, strategi perang yang masih kuno, pasukan yang tidak terlatih membuat pasukan dari kerajaan Goa Tallo tidak bisa membendung gempuran pasukan dan senjata  modern VOC.  Kerajaan Goa Tallopun akhirnya menyerah.

Minggu, 22 Maret 2015

Penjajahan Jepang di Indonesia

Learning history for senior high schools

Indonesia dalam penjajahan Jepang
Restorasi  yang dilakukan  Tenno Meiji , semangat bushido yang dialihkan kedalam ketekunan belajar, ketekunan mempelajari ilmu dan teknologi bangsa- bangsa Eropa telah mengubah Jepang menjadi bangsa modern, sehingga pada 1900 negara Jepang sejajar dengan kemajuan ekonomi, ilmu dan teknologi bangsa – bangsa Eropa.
Namun, Jepang menghadapi kendala,  pertama yaitu munculnya penolakan Negara – Negara barat terhadap imigran dari Jepang, kedua, harga produk – produk industry Jepang lebih mahal di banding harga buatan Negara – Negara Eropa, ketiga, produk Jepang dikenakan bea masuk yang tinggi, keempat, Jepang tak memiliki tanah jajahan , sehingga Jepang tidak memiliki sumber bahan baku dan pasar bagi industrinya .
Disisi lain, kehidupan politik domestic Jepang diwarnai dengan makin dominannya kaum militer dalam menentukan arah politik  dan kebijakan politik Jepang.  Dan kaum militer Jepang ini memiliki jiwa ekspansionis atau jiwa ultransionalis. Tidak takut dengan bangsa asing, siap bersaing dengan bangsa asing dan siap mengorbankan jiwa raga untuk Negara.

Karena itu, Jepang berusaha menjajah wilayah perbatasannya, Korea, namun, wilayah Korea dianggap wilayah kekuasaan bangsa China, karena itu China marah  dan mengirimkan tentaranya ke Korea, tetapi dalam perang tentara dinasti Manchu yang tidak terlatih dalam perang dengan persenjataan modern, mengalami kekalahan dan terpaksa menandatangi perjanjian Shimonosaki.

Kamis, 19 Maret 2015

Nasionalisme India

Learning history for senior high schools :

India merupakan Negara dengan peradaban yang tua, kaya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki kekayaan alam yang luar biasa.  India juga sebuah negara besar, dengan kebudayaan yang sangat kaya, ditunjang oleh jumlah penduduk yang besar.  Karena itu selalu mengundang bangsa asing untuk datang dan menjajah India.
Bila bangsa Arab dan Mongol dapat beradaptasi dengan kebudayaan India, bangsa Inggris yang menjajah India berusaha untuk mendominasi dan menerapkan pemerintahan colonial Inggris. Perlawanan raja – raja India walau berlangsung sangat hebat, tetapi, system dan strategi perang serta teknologi perang yang lebih modern dan Inggris sangat kaya dengan pengalaman peperangan membuat Inggris dapat mengalahkan semua kerajaan yang ada di India.


Nasionalisme India diawali Pemberontakan sepoy yang dipimpin Ranee Laksmi Bai untuk mengusir penjajahan Inggris sangat kuat , terjadi diseluruh India dan berlangsung selama 2 tahun.  Tetapi, akhirnya berhasil dikalahkan, walau dengan korban yang banyak dipihak Inggris.
Kekalahan karena perlawanan dengan menggunakan senjata membangkitkan kesadaran bahwa musuh tidak bisa dihadapi dengan perlawanan bersenjata.  Walau lebih butuh waktu lama, perlawanan terorganisasi dengan organisasi yang kuat harus dilakukan dilakukan oleh bangsa India, karena dasar berfikir inilah maka didirikan All Indian National Conggress oleh Allan O Home, Pandit Jawaharlal Nehru, G Tilak, Muhammad Ali Jinnah, Liquat Ali Khan dan Iskandar Mirza.
Melalui Kongres, mereka menuntut persamaan hak antara penduduk asli India dengan penduduk keturunan Inggris dan meminta pemerintahan sendiri, seperti yang diberikan Inggris kepada Kanada dan Australia.
Pada tahun 1907, Kongres menuntut adanya parlemen untuk orang India dan kemerdekaan penuh untuk India.  Tetapi, usulan ini ditolah pemerintahan colonial Inggris.  Tetapi, perlawanan dan tuntutan bangsa India untuk sebuah kemerdekaan terus dilakukan. Hal ini memaksa Inggris mengeluarkan pemerintahan sendiri tetapi tetap dibawah kekuasaan Inggris.  Karena inggris hanya menyerahkan urusan pertanian, kesehatan, dan pendidikan.
Bangsa India terus meminta kemerdekaan penuh, tetapi Inggris tidak mau, bahkan berusaha dengan mengeluarkan undang-undang Rowlett act yang isinya memberantas gerakan – gerakan sosialpolitik melalui berbagai pembatasan.  Undang – Undang Rowlett act menimbulkan kritik keras orang India terhadap Inggtis, sehingga, Inggris menjadi sangat reaksioner dan mencurigai bangsa India.  Kecurigaan ini menjadikan upacara keagamaan kaum Sikh di Amritsar, Punjab dicurigai sebagai upaya pemberontakan terhadap Inggris, sehingga, kaum sikh yang sedang beribadah dibantai.
Sikap reaksioner Inggris ditanggapi oleh pemimpin gerakan perlawanan bangsa India, Mahatma Gandhi dengan mengajak bangsa India melawan tanpa kekerasan (  satyagraha ), mengajak tidak memakan hewan ( ahimsa ) dan mengadakan swadesi atau tidak menggunakan produk-produk Inggris, tetapi orang India harus menggunakan produk India lagi.  Ajakan Mahatma Gandhi kepada bangsa India sangat merugikan kepentingan Inggris di India.  Karena itu, Mahatma Gandhi ditangkap dan dibuang ke Afrika Selatan.
Perang dunia I walau dimenangkan oleh Inggris, tetapi ratusan ribu tentara India berperang di Eropa atas nema bendera Inggris.  Karena itu, ketika Kongres menuntut kemerdekaan penuh, Inggris hanya memberi status dominion.
Perbedaan faham  tentang Negara India merdeka membuat kaum muslim India yang tergabung dalam Liga Muslim,memisahkan diri dari kongres dan mendirikan Negara Islam Pakistan.  Sementara Kongres yang didominasi umat Hindu akan mendirikan Negara India.  Gandhi yang tidak setuju dengan pemisahan India Hindu dan Pakistan Islam, dibunuh Hindu fanatic.  Tetapi pembentukan Negara India dan pembentukan Negara Pakistan tetap terlaksana tahun 1947.


Sabtu, 14 Maret 2015

Nasionalisme bangsa China

Learning history for senior high schools Nasionalisme bangsa China Perang antar dinasti diwilayah China telah melemahkan kekuasaan bangsa China. Ketika bangsa Mongol dibawah Jengis Khan menyerbu wilayah China, banyak dinasti di China tak berdaya dan terpaksa menerima kekuasaan bangsa Mongol. Bangsa mongol Berjaya di daratan China hingga tahun 1839. Setelah era ini, dinasti Mongol mengalami kemunduran, sementara bangsa China mulai membangun dan kesadaran sebagai sebuah bangsa. Bangsa China mulai melihat Dinasti Manchu yang berkuasa sebagai orang asing berkulit kuning. Mereka adalah penjajah seperti bangsa kulit putih yang mulai merajalela didaratan China.


Rabu, 11 Maret 2015

Restorasi dan Modernisasi Jepang

Learning history for senior high schools
Restorasi dan Modernisasi Jepang Pada abad ke 17, tepatnya tahun 1639, Daimyo, ieyashu Tokugawa menjadi daimyo ( Gubernur militer ) paling berkuasa di Jepang. Ia ingin kekuasaannya tetap bertahan lama dalam system pemerintahan yang feudal. Karena, dengan system yang pemerintahan feudalnya, ia telah menempati puncak kekuasaan pemerintahan, dan dapat dengan efektif mempertahankan kekuasaannya. Karena itu ia melaksanakan politik isolasi, yaitu politik menutup diri untuk berhubungan dibidang apapun dengan pedagang asing dari barat . 



Ia melihat kekaisaran China terus merosot karena banyaknya bangsa asing yang melakukan intervensi terhadap kekaisaran China, yang masuk melalui perdagangan maupun melalui penyebaran agama Kristen, yang telah membuat orang China kehilangan budayanya dan berganti menjadi berfikir dan berperilaku barat Kristen. Namun, pemerintah Amerika Serikat, 1846, melalui Laksamana Biddle berusaha agar Jepang membuka pelabuhannya untuk perdagangan internasional, khususnya dengan Amerika Serikat. Tetapi di tolak Syogun. Tahun 1853, Amerika Serikat mengirim Mathew Commodore Perry untuk meminta Syogun membuka pelabuhannya bagi kapal-kapal dagang Amerika Serikat. Namun, karena tak membawa kapal-kapal perang, ia kembali gagal. Tetapi, tahun 1854, ia kembali lagi dengan membawa kepal perang besar. Kekuatan angkatan laut Amerika serikat membuat takut, apalagi beberapa pelabuhannya diserang kapal perang Inggris dan Perancis, ia tunduk dan mau menandatangani perjanjian kanagawa, yang membuka pelabuhan shimoda dan hokodate bagi kapal asing. Adanya perjanjian Kanagawa menjadi jalan bagi daimyo-daimyo yang beroposisi , seperti Daimyo Satsuma untuk menekan Syogun Yoshinpbu Takugawa untuk turun tahta dan menyerahkan kekuasaannya kepada Tenno Mutsuhito ( Kaisar Meiji ) tanggal 8 September 1867. Kaisar Meiji yang berwawasan terbuka, memandang adanya kelemahan Jepang dan adanya kekuatan lebih dari bangsa barat. Karena itu, Jepang harus banyak belajar dan meniru dari bangsa barat. Karena itu ia harus melakukan penataan kekaisaran agar sejajar dengan bangsa barat, melalui : 1. Pembentukan parlemen 2. Persatuan semua rakyat untuk mencapai kemakmuran masyarakat 3. Menghapus adat kolot penghambat kemajuan 4. Semua jabatan terbuka untuk siapapun 5. Pendidikan untuk semua rakyat agar Negara kuat Bentuk pemerintahan yang ditata dibidang politik adalah : 1. Pemindahan ibukota dari Kyoto keYedo ( Tokyo ) 2. Pembuatan bendera nasional Hinomaru 3. Pembuatan lagu kebangsaan Kimigayo 4. Penetapan agama nasional Syintoisme 5. Penghapusan jabatan Syogun dan Daimyo 6. Pembubaran samurai dan dibentuk tentara nasional 7. Dibentuknya UUD Restorasi dan Modernisasi Jepang, Di bidang ekonomi : 1. Pelatihan tenaga – tenaga terampil dibidang permesinan dengan mendatangkan guru bangsa asing atau mengirim siswa terbaik sekolah diluar negeri 2. Pembangunan pabrik-pabrik Restorasi dan Modernisasi Jepang, Dibidang pendidikan : 1. Wajib belajar bagi siswa usia 6 – 14 tahun 2. Sekolah gratis 3. Pendidikan semi militer 4. Pembentukan Departemen Pendidikan 5. Pembentukan Undang – undang Pendidikan Restorasi dan Modernisasi Jepang dibidang militer : 1. Penataan angkatan darat dengan mengacu angkatan darat Prusia ( Jerman ) 2. Penataan angkatan laut dengan mengacu angkatan laut Inggris Selama proses restorasi Meiji, Jepang tumbuh menjadi Negara modern, penduduknya bertambah, militernya kian kuat. Namun , masalah baru muncul dan harus dihadapi Jepang , yaitu : 1. Penduduk yang tumbuh pesat membutuhkan lapangan pekerjaan 2. Industri yang maju pesat membutuhkan bahan baku, daerah bahan baku, dan daerah pemasaran 3. Jepang tak memiliki jajahan 4. Migrasi penduduk Jepang ditolak Negara-negara barat Karena itu Jepang mencari cara dengan melakukan investasi pertambangan dan perdagangan dan ketika investasi dan perdagangannya dipersulit, Jepang mengirim pasukan perangnya, sehingga terlibat perang dengan Korea, China, dan Rusia. Perang dengan Korea membuat Jepang menguasai Korea, tetapi karena wialayah Korea miskin, Jepang menyerang China dan mendapatkan Taiwan, Wilayah China Utara. Dalam perang dengan Rusia, Jepang mendapatkan wilayah Manchuria yang berbetasan dengan Korea dan China. Dalam perang dunia 1, Jepang dipihak sekutu, Jepang mengalahkan tentara Jerman dan merebut daerah dan kepulauan jajahan Jerman, baik di China maupun dikepulauan Pasifik. Dengan mengalahkan China, Rusia dan Jerman, Jepang telah menunjukkan diri menjadi Negara industry baru dan menjadi Negara kuat di Asia yang sejajar dengan Inggris , Perancis dan Amerika Serikat. Ini berarti Restorasi Meiji berhasil.

Jumat, 06 Maret 2015

PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA

Materi Pelajaran Sejarah SMA PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA Latar belakang tumbuhnya pergerakan nasional Indonesia : 1. Politik etis yang mengharuskan pemerintah colonial Hindia Belanda mengadakan sekolah- sekolah untuk bangsa Indonesia. 2. Sekolah-sekolah yang didirikan Belanda menurunkan ego kesukuan dan membangun kebersamaan sebagai orang pribumi yang sedang dijajah bangsa asing dan akhirnya membentuk nasionalisme terhadap Tanah Air Hindia Belanda. 3. Melalui sekolah-sekolah yang didirikan pemerintah colonial Belanda, para siswa mempelajari berbagai faham pemikiran ideologis dan dengan pemahaman pemikiran ideologisnya mereka memandang pemerintahan Belanda sebagai penjajah dan ingin menata sebuah keindonesiaan menurut pemikiran ideologisnya. 4. Pembentukan stratifikasi sosial oleh pemerintah colonial Belanda yang menempatkan warga pribumi sebagai lapisan bawah disertai dengan sikap-sikap diskriminatif orang Belanda terhadap penduduk pribumi telah memberi stigma negative bahwa Belanda adalah penjajah dan orang asing. 5. Diskriminasi dalam memasuki pendidikan yang dirasakan oleh kaum pribumi, membuat orang pribumi memandang Belanda sebagai orang asing yang harus disingkirkan. Sebab Internal munculnya pergerakan nasional Indonesia adalah : 1. Belanda memeras tenaga orang Indonesia dan mengambil kekayaan alam Indonesia untuk memakmurkan penduduk dan Negara Belanda. 2. Perbedaan hidup mencolok dimana orang-orang Belanda hidup kaya raya sementara penduduk pribumi hidup miskin dan banyak dibatasi. 3. Perasaan senasib sepenaggungan sebagai bangsa terjajah telah memunculkan perasaan musuh bersama dan menumbuhkan nasionalisme Indonesia 4. Kenangan sebagai bangsa besar dizaman Sriwijaya, Majapahit dan masa-masa kemakmurannya membangkitkan nasionalisme Indonesia 5. Timbulnya kaum cerdik pandai sebagai hasil pendidikan, yang memunculkan tokoh-tokoh kritis terhadap perilaku pemerintah dan penduduk colonial Belanda. 6. Penduduk beragama Islam mengidentifikasi sebagai muslim dan Belanda sebagai Kristen, yang memunculkan identitas keislaman dan keindonesian. 7. Digunakannya bahasa melayu pasar diberbagai daerah tidak saja mempermudah komunikasi tetapi juga mempercepat informasi dan pembentukan persaudaraan setanah air Indonesia. Sebab eksternal munculnya pergerakan nasional Indonesia : 1. Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 menumbuhkan kepercayaan bahwa bangsa Eropa bisa dikalahkan 2. Revolusi China yang menyerang- bangsa asing memberikan semangat keharusan untuk mengusir bangsa asing 3. Keberhasilan gerakan Turki Muda membangun Negara Turki modern dan lepas dari kaum imperialis Eropa menjadi penyemangat pergerakan nasional.pindah. Demikian sebab munculnya sejarah pergerakan nasional Indonesia.

Berpisah dan bersatunya Jerman

Materi Pelajaran Sejarah SMA

Berpisah dan bersatunya Jerman

Perang dunia ke 2, Jerman dengan pemerintahan rezim Nazinya, mengalami kekalahan dalam perang melawan sekutu. 4 negara sekutu menduduki Jerman, yaitu Uni Sovyet yang menduduku wilayah Jerman bagian Timur, Wilayah Jerman bagian barat diduduki tentara Perancis, Inggris dan Amerika Serikat. Pihak sekutu yang memenangkan perang, khawatir dengan munculnya kembali Jerman sebagai kekuatan militer dunia. Karena itu, Jerman harus dibatasi kekuatan militernya. Namun, untuk menyatukan kembali wilayah Jerman, terjadi perbedaan pendapat dan kepentingan ideologis antara Uni Sovyet disatu sisi dengan Amerika Serikat, Inggris dan Perancis disisi yang lain. Ketidak sepahaman ini, dan sikap saling curiga antara Uni Sovyet dengan Amerika Serikat, membuat penyatuan Jerman sulit terjadi.


Uni Sovyet berusaha menanamkan pengaruh politik, ekonomi, ideologinya kedalam masyarakat Jerman Timur, dan Amerika Serikat juga berupaya menerapkan system ideology, ekonomi, pemerintahan liberal kapitalis dan demokratis kedalam masyarakat Jerman Barat. Krisis mengenai kota Berlin barat menjadi titik kontradiksi perbedaan tajam antara Amerika Serikat dengan Uni Sovyet dan memicu timbulnya perang dingin. Akhirnya, wilayah Jerman Timur dijadikan Negara Jerman Timur dengan dukungan Uni Sovyet. Dan wilayah Jerman bagian barat dijadikan Negara Jerman ( Republik Federal Jerman ). Perang dingin membuat Amerika dan Uni Sovyet membelanjakan banyak uang untuk pengadaan senjata-senjata canggih dan mendukung setiap kelompok politik yang sefaham baik dengan pelatihan, uang maupun senjata. Sehingga, jutaan hingga milyaran dollar dihamburkan untuk perang dinegara ketiga. Sistem ekonomi komunisme yang tidak tertata dengan baik dan tidak didukung teknologi canggih, membuat system ekonominya tidak efisien. Kondisi ini membuat ketidak seimbangan antara pemasukan dengan pengeluaran dan akhirnya mengalami krisis keuangan dan ekonomi yang parah. Uni Sovyet bubar. Perubahan-perubahan politik di Uni Sovyet, mendorong gerakan anti komunisme dan gerakan – gerakan pro demokrasi menguat dinegara-negara Eropa Timur, yang diwujudkankan kedalam bentuk demo besar-besaran anti komunisme dan anti Uni Sovyet. Penduduk Jerman timur berusaha pindak ke Jerman barat melalui Negara tetangganya seperti Austria . Gelombang migrasi meninggalkan Jerman timur tak bisa dibendung oleh pemerintahan Jerman Timur sehingga akhirnya massa rakyat yang marah dapat menjebol dinding kota Berlin barat dan mereka masuk ke Jerman barat yang sudah siap menerima mereka. Gelombang anti komunis merebak luas diseantoro Jerman Timur dan akhirnya menumbangkan pemerintahan komunis di Jerman Timur. Tumbangnya pemerintahan pro komunis Jerman Timur dan dukungan dari Negara Uni Sovyet, Amerika Serikat, Inggris dan Perancis agar Jerman bersatu, akhinya menyatukan dua Jerman ke satu Negara Jerman. Faktor penyebab utamanya adalah : 1. Kehidupan rakyat Jerman Timur yang miskin dan terkekang 2. Sistem komunis dianggap gagal mensejahterakan rakyat 3. Adanya politik glassnots dan perestroika dari Mikhail Gorbachev 4. Adanya undang-undang HAM 5. Negara Jerman barat dengan pemerintahan yang liberal demokratis lebih sejahtera 6. Kunjungan kedua pejaban pimpinan Negara Jerman yang mengurangi ketegangan dan menciptakan persaudaraan kedua Jerman Persetujuan.

Kamis, 05 Maret 2015

RUNTUHNYA UNI SOVYET

Materi Pelajaran Sejarah SMA RUNTUHNYA UNI SOVYET
Uni Sovyet merupakan negara superpower yang menjadi saingan utama Amerika Serikat sejak perang dunia ke 2. Terlibat dalam perang dingin dengan Amerika Serikat dalam empat dasawarsa, akhirnya Uni Sovyet menuju keruntuhan. 




Penyebab runtuhnya Uni Sovyet : 1. Ketidakmampuan system ekonomi komunis bersaing dengan system ekonomi liberal kapitalis yang didukung Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jepang. 2. Sistem ekonomi liberal kapitalis lebih mensejahterakan rakyat di banding system komunisme 3. Sistem komunisme yang mengajarkan prinsip sama rata sama rasa, pada kenyataan para pengurus pusat partai Komunis hidup dalam gelimang kemewahan. 4. Berperang di Afghanistan selama 9 tahun melawan kaum Mujahidin yang didukung AS dan Arab Saudi, membuat keuangan Uni Sovyet mengalami krisis 5. Majunya teknologi komunikasi telah memunculkan semangat nasionalisme dinegara-negara bagian Uni Sovyet yang penduduknya mayoritas non Rusia. 6. Krisis kepercayaan terhadap ideology komunis dikalangan rakyat Uni Sovyet 7. Krisis kepercayaan terhadap partai Komunis Uni Sovyet dan system komunisme 8. Gerakan rakyat Eropa Timur yang menumbangkan rezim komunis dinegaranya 9. RRC Negara komunis yang sedang bertranformasi menjadi pengguna system ekonomi liberal kapitalis. 10. Mikhail Gorbachev yang terdidik dan cerdas mengajukan perestroika dan glassnost untuk memulihkan Uni Sovyet yang menuju keruntuhan. 11. Ketidak mampuan Boris Yeltsin melaksanakan Glassnot dan perestroika membuat rakyat antipati terhadap pemerintahan kaum komunis 12. Pengumuman Pembubaran eksistensi Negara Uni Sovyet oleh Presiden Rusia Boris Yeltsin. Demikian penyebab runtuhnya Uni Sovyet

Faham Nasionalisme

Materi Pelajaran Sejarah SMA Faham Nasionalisme Nationalisme berasal dari kata Nation atau bangsa. Pengertian Nasionalisme adalah perasaan cinta warga Negara terhadap negaranya. Faham Nasionalisme pada awal perkembangannya dilandasi kesetiaan kepada Raja. Namun, sering terjadinya kekerasan oleh raja terhadap rakyatnya membuat kesetiaan rakyat menjadi luntur. Ketika terdapat undang – undang yang membatasi kekuasaan Raja, seperti Magna Charta di Inggris, maka muncul kesetiaan terhadap Negara. Menurut Joseph Ernest Renan, Faham nasionalisme terjadi disebabkan keinginan manusia untuk bersatu. Menurut Otto Bauer, Nasionalisme disebabkan persamaan keinginan, persamaan nasib. Sementara, Hans Kohn, nasionalisme lahir karena perpaduan politik, ekonomi dan sosial budaya suatu masyarakat bangsa. Negara yang menganut faham nasionalisme diantaranya Inggris, Amerika Serikat, Perancis dan Jerman, Jepang . Di Inggris semangat nasionalisme diwujudkan dengan pernyataan wright or wrong is my country. Faham Nasionalisme di Inggris didasari adanya Piagam Bill Of Right. Di Perancis, revolusi Perancis telah menciptakan kedaulatan rakyat. Pemerintahan boleh berganti, penguasa boleh berganti, tetapi Negara tetap, karena itu kesetiaan hanya kepada Negara. Di Jerman, nasionalisme lahir karena ingin lepas dari kekuasaan kerajaan Austria. Dipimpin Otto Von Bismark, kerajaan-kerajaan kecil Jerman disatukan untuk membebaskan diri dari penjajahan kerajaan Autria. Di Amerika Serikat, piagam kemerdekaan Amerika, memuat hak-hak rakyat sipil Amerika, yaitu hak hidup, hak atas kemerdekaan dan hak atas kesejahteraan. Doktrin Monroe memperkuat penegasan hak merdeka dari semua bangsa. Demikian ringkasan faham nasionalisme.

Rabu, 04 Maret 2015

Golongan Pemuda Menjelang Proklamasi

Materi Pelajaran Sejarah SMA
Golongan pemuda menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia Politik pemerintah colonial Belanda berusaha menekan nasionalisme dan sikap patriotic bangsa Indonesia. Namun, makin ditekan Belanda makin berkembang semangat revolusioner dan berkembang ke berbagai pelosok Indonesia. Kekalahan Jepang dari sekutu menjadi momentum kuat kaum revolusioner Indonesia untuk segera memprokalamasikan kemerdekaan Indonesia. Menjelang kemerdekaan , di Jakarta terdapat beberapa kelompok revolusiner yang selama ini bergerak dibawah tanah, tetapi mereka bergerak disisi pemerintahan pendudukan Jepang. Mereka masuk keberbagai organ pemerintahan militer Jepang dan berusaha dengan cerdas memanfaatkan fasilitas yang disediakan Jepang tanpa Jepang tahu. Figur Seperti Sukarni yang bekerja sebagai pegawai di Kantor Sendenbu ( Barisan Propaganda ), juga Johan Syahruzah, mereka bekerja secara diam-diam untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Mereka menyebarkan brosur-brosur, tulisan-tulisan termasuk buku karya Tan Malaka, menuju Republik Indonesia. Mereka juga berusaha membentuk sel- sel revolusioner diorgan – organ pemerintahan pendudukan Jepang.




Kelompok Sukarni, masuk ke organ pemerintahan Jepang untuk mengumpulkan informasi kelemahan-kelemahan Jepang, kebohongan dan kecurangannya, termasuk penyebaran secara diam-diam berita-berita kekalahan Jepang, demikian juga kelompok Sutan Sjahrir. Disamping kelompok Sukarni, ada kelompok Sjahrir, juga ada kelompok pelajar Cikini, yang dipimpin Djohar Nur, Sayoko, Syarif Thaib, Khaerul Saleh, Darwis, E.A. Ratulangi, walau mereka pelajar mereka sangat revolusioner terbukti mereka berani demonstrasi dengan membawa poster berisi kalimat pernyataan “Negara kesatuan Republik Indonesia “pindah. Disamping kelompok diatas, terdapat kelompok Kaigun, yaitu mereka yang bekerja di dinas angkatan laut tentara pendudukan Jepang. Tokoh kelompok Kaigun ini diantaranya Mr. Subardjo, Wikana, E. Chaerudin, Joyopranoto. Mereka berupaya mengadu domba angkatan laut tentara pendudukan Jepang dengan tentara angkatan darat Jepang. Karena mereka tahu, dibalik angkatan darat ada kepentingan bisnis dari Mitsui, dan dibalik angkatan laut Jepang ada Mitsubishi dan Sumitomo corporation. Agitasi yang mereka lakukan cukup berhasil karena para pemimpin Kaigun berjanji untuk mendesak Panglima Besar Tentara Jepang di Jawa untuk segera memerdekakan Indonesia. Hasil kerja Kelompok Kaigun yang dianggap “ kemerdekaan hadiah Jepang “ sangat ditentang kelompok Sukarni dengan alasan bangsa Indonesia telah berjuang selama 40 tahun dengan banyak pengorbanan. Akan sia-sia atau tak bermakna bila kemerdekaannya hadiah dari Jepang. Bagi Sukarni dan kawan-kawan, kemerdekaan harus direbut, kalau perlu dengan perang gerilya. Kelompok Kaigun yang membaca arah politik Jepang, mengubah kebijakan dari menunggu Jepang menjadi kemerdekaan harus diambil alih dan dilakukan sendiri oleh orang Indonesia. Karena itu, ketika Soekarno-Hatta bimbang untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, kelompok Sukarni yang sangat mendesak supaya Soekarno – Hatta diajak rapat oleh mereka, atau Soekarno dibawa kerapat raksasa rakyat dan rakyat yang mendesak Soekarno – Hatta, atau Soekarno – Hatta dijauhkan dari Jakarta dan Jepang. Demikianlah 4 kelompok pemuda yang mengambil peran untuk terjadinya proklamasi kemerdekaan Indoneia.

Selasa, 03 Maret 2015

Politik Etis dan transformasi nasionalisme kedaerahan ke nasionalisme Indonesia

Materi Pelajaran Sejarah SMA Politik Etis merupakan program politik pemerintah kolonial Belanda untuk meredam pemberontakan sekaligus memakmurkan rakyat Indonesia dan memenuhi tenaga kerja baik dipemerintahan kolonial Belanda maupun diperusahaan-perusahaan partikelir milik orang Belanda. Melalui pendidikan bangsa Indonesia dicoba untuk dicetak menjadi manusia pekerja yang mengabdi pada kepentingan Belanda dan membantu mengembangkan pemerintahan kolonial Belanda yang lebih modern dengan memperkerjakan tenaga kerja Indonesia yang pintar tetapi bergaji murah. Sekolah HIS yang kelas tiga sudah harus pandai berbahasa Belanda menjadi tumpuan dasar pembentukan tenaga kerja yang dapat diajak berkomunikasi dan diarahkan oleh pejabat atau pengusaha Belanda. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Belanda sangat dibutuhkan untuk lancarnya intruksi sampai dan difahami dengan baik dan terwujud kedalam hasil kerja yang berkualitas. Apalagi, bila lulusan MULO dan AMS. Namun, diantara para pelajar pribumi, perjumpaan, pergaulan, dengan teman-teman mereka yang berbeda suku, yang selama ini tertutup komunikasinya, mereka sadar akan perlunya membangun silaturahim dan ide-ide untuk sebuah negara di wilayah jajahan Belanda, yang diperintah oleh suku-suku pribumi dalam satu negara yang mereka perjuangkan bersama. Ide negara kesatuan, yang mentransformasikan semangat kedaerahan mereka menjadi semangat nasionalisme Indonesia. Mereka tak mau terkotak-kotak kedalam nasionalisme kedaerahan yang terbukti mudah dikalahkan penjajah. Mereka ingin nasionalisme dengan satu negawa Indonesia yang luas dan bermacam suku, yang secara politik akan sangat sulit untuk dikalahkan penjajah. Kecerdasan para pelajar pribumi, dalam memahami berbagai faham pemikiran yang berkembang dinegara-negara barat, makin memperkuat perspektif berfikir ke Indonesia mereka dan nasib kolonilisme Belanda di Indonesia. Kondisi ini yang menambah semangat perjuangan mereka untuk memerdekaan Indonesia.

Senin, 02 Maret 2015

Akibat kolonialisme Belanda di Indonesia

Materi Pelajaran Sejarah SMA

1. Dibidang mental 
  1.  Menghancurkan mental bangsa Indonesia, sehingga menjadi bangsa yang rendah diri, suka mengabdi kebangsa asing dan menekan bangsa sendiri. 
  2.  Sikap mudah menerima budaya asing dan meninggalkan budaya masyarakatnya 


2. Dibidang politik 
  1.  Banyak kerajaan dikalahkan dan tak berkuasa lagi 
  2.  Raja dan kaum bangsawan kehilangan kekuasaan dan wibawa 
  3.  Raja dan kaum bangsawan menjadi antek asing melalui jabatannya dalam struktur kekuasaan kaum kolonial 
  4.  Belanda ikut campur dalam pemerintahan raja-raja pribumi 


3. Dibidang ekonomi 
 1. Hilangnya kemampuan berdagang berskala internasional 
 2. Hancurnya ekonomi pribumi 
 3. Sistem ekonomi ditentukan asing 
 4. Semua kekayaan bangsa dikuasai asing 
 5. Rakyat pribumi harus membayar pajak ke bangsa asing 

4. Dibidang sosial budaya 
 1. Makin banyak budaya lokal yang hilang 
 2. Makin banyak unsur budaya eropa yang diterima dan dianut bangsa indonesia 
3. Hancurnya nilai dan norma pribumi 
4. Rakyat Indonesia makin sekuler 


Politik Etis Pemerintah Kolonial Belanda

Materi Pelajaran Sejarah SMA Politik Etis Sistem usaha swasta yang dilakukan pemerintah kolonial Belanda perlahan berhasil mengatasi krisis keuangan pemerintah Kolonial Belanda. Uang sewa tanah, uang pajak tanah, uang bea ekspor memungkinkan terkumpulnya dana untuk mengisi kas keuangan Belanda yang semula kosong. Dari uang yang terus mengalir, pemerintah kolonial Belanda juga dapat menyisihkan anggaran untuk pembangunan di negeri Belanda. Pelan tapi pasti negara Belanda menikmati kemakmuran dari kekayaan dan kerja keras bangsa Indonesia. Bila negara Belanda dan pemerintah kolonial Belanda mendapatkan kemakmuran, lain halnya dengan penduduk pribumi, mereka banyak yang kehilangan tanah, mereka kehilangan kesejahteraan akibat banyaknya pembatasan pemerintah kolonial Belanda, terebutnya tanah-tanah subur oleh perusahaan-perusahaan partikelir, turut memiskinkan kaum pribumi. Cerita manis penduduk kolonial dan cerita pahit penduduk pribumi akhirnya sampai ke negeri Belanda melalui novel multatuli yang berisi ketidakadilan residen Lebak dan kemiskinan rakyat Lebak. Kondisi inilah yang membuat Theodore Van Deventer mengusulkan politik balas budi atau politik etis, yaitu pemerintah Belanda harus membangun kesejahteraan penduduk pribumi yang selama ini telah bekerja keras untuk kemakmuran penduduk, pemerintah kolonial Belanda termasuk memakmurkan negeri Belanda. Cara yang dilakukan yaitu dengan memberikan pendidikan, membangun irigasi, dan mentransmigrasikan penduduk didaerah yang padat kedaerah Indonesia lain yang kekurangan penduduk. Usulan politik Balas budi/politik etis didukung parlemen Belanda dan pemerintah kolonial Belanda. Hanya, pemerintah kolonial Belanda memiliki kepentingan yang membuat penerapannya berbeda dengan versi dinegeri Belanda, misalnya orang Indonesia diberi pendidikan melalui sekolah HIS, MULO, AMS serta HBS, tetapi dibatasi hanya untuk anak camat, wedana, bupati, assisten residen, bukan untuk semua rakyat Indonesia. Pembangunan irigasi dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda, tetapi arah irigasi diprioritaskan ke perkebunan-perkebunan perusahaan- perusahan swasta dan pemerintah kolonial Belanda. Bukan kearah sawah-sawah pribumi. Program transmigrasi dilaksanakan tetapi para transmigran tidak dikirim untuk membuka daerah baru, tetapi sesampai ditempat tujuan mereka dijadikan kuli kontrak dan digaji sangat kecil, tetapi kerja penuh seharian. Kalau mereka melarikan diri mereka akan mendapatkan penyiksaan keras . Reaksi terhadap politik etis Kalau dilihat dari cita-citanya politik etis terlihat bagus, tetapi penerapannya hanya menguntungkan orang Belanda dan melestarikan penjajahan Belanda atas kaum pribumi Indonesia, karena itu para ulama di Jawa dan Sumatera mendirikan pesantren untuk membendung kultur kebarat-baratan, membangun ideologi islam yang kuat dan membentengi ummat dari upaya Kristenisasi dan westernisasi melalui sekolah-sekolah yang didirikan pemerintah Belanda maupun para missionaris. KH Ahmad Dahlan, mendirikan sekolah Muhammadiyah , dengan model pendidikan seperti sekolah-sekolah Belanda yang mengajarkan ilmu -ilmu umum, tetapi diberi tambahan ilmu-ilmu keislaman dan ke Muhammadiyahan. Ki Hajar Dewantoro mendirikan Taman siswa pendidikan model pesantren tetapi pembelajaran sistem kelas dan mengajarkan ilmu umum dan ilmu kebudayaan Jawa .

Minggu, 01 Maret 2015

Sistem Usaha Swasta Pemerintah Kolonial Belanda

Materi Pelajaran Sejarah SMA
Sistem Usaha swasta
Politik ekonomi tanam paksa yang diterapkan Van Den Bosch memberi keuntungan luar biasa kepada Belanda, karena tanpa susah payah Belanda mendapatkan penghasilan sebesar 20 % dari setiap panen para petani dan rakyat umumnya. 
Namun, berbagai sumber pemasukan bagi kas pemerintah Kolonial Belanda dirasa masih belum cukup untuk memuaskan para pejabat kolonial Belnada maupun kebutuhan negeri Belanda. Apalagi ketika mereka ( Belanda ) melihat masih banyak potensi keuangan yang belum digali dan dimaksimalkan sebagai sumber pendapatan terbaru dari tanah Indonesia, yaitu bentangan tanah luas berupa hamparan hutan . 
Perubahan cara berfikir dari politik ekonomi monopoli dan pajak tanah berubah menjadi sistem ekonomi liberal tidak lepas dari makin eksisnya kelas menengah liberal dinegeri Belanda, dimana mereka menjadi kekuatan ekonomi sekaligus menjadi kekuatan politik baru yang menekan kaum konservatif Belanda. 
 Dibukanya terusan suez dimesir membuat jarak tempuh ke Indonesia menjadi makin dekat sehingga sangat menguntungkan kalau dari tanah Indonesia bisa diangkut berbagai komoditas yang menguntungkan negeri Belanda. 
 Dalam rangka menggali kekayaan alam Indonesia ini, pemerintah kolonial Belanda membuat Undang-undang agraria yang membagi tanah Indonesia menjadi tanah rakyat dan tanah negara. Tanah rakyat bisa deisewa sesuai kesepakatan dan harga sewa juga sesuai kesepakatan, walau dalam prakteknya banyak unsur paksaan dan ancaman. Sementara tanah negara bisa disewa selama 75 tahun.
 Unsur legalitas hukum dimiliki, langkah pemerintah kolonial belanda selanjutnya adalah mengundang para orang kaya dari negeri Belanda untuk investasi di Indonesia. Politik pintu terbuka bagi masuknya investor ini membuat Indonesia memasuki sistem ekonomi liberal. Masuknya para investor kaya dari negeri Belanda telah membuat banyak hutan dan gunung berubah menjadi perkebunan-perkebunan luas yang luasnya mencapai ribuan hektar. Perkebunan luas ini hanya dimiliki oleh beberapa orang saja.
 Dengan mendapat uang sewa tanah berarti kas keungan pemerintah kolonial Belanda bertambah, hal ini ditambah lagi dengan pajak tanah yang tahunan, barang yang diekspor dikenakan pajak lagi, sehingga, kekayaan pemerintah Kolonial Belanda terus bertambah. Sebaliknya, orang Indonesia mulai kehilangan tanah luasnya, penghasilannya mulai berkurang, kebebasannya mulai berkurang.
 Kaum pribumi berubah menjadi tenaga kuli kontrak, dengan gaji sangat pas-pasan. Sistem usaha swasta menguntungkan Belanda disatu sisi , tetapi pada sisi lain merugikanb pendudk pribumi Indonesia.

POLITIK EKONOMI TANAM PAKSA

Materi Pelajaran Sejarah SMA POLITIK EKONOMI TANAM PAKSA Perang, korupsi dan beban utang yang besar membuat VOC bangkrut. Aset-aset VOC diambil alih oleh pemerintah colonial Belanda. Dan pemerintah colonial Belanda mengirim Van Den Bosch untuk menata ulang semua masalah dan mencari pemecahannya di tanah Jajahan Hindia Belanda, termasuk mengatasi perang, korupsi dan hutang. Solusi yang dilakukan oleh Van Den Bosch adalah harus menerapkan system cultuur stelsel , yang berisi : 1. Rakyat menyediakan tanah untuk yang akan ditanami tanaman ekspor 2. Rakyat harus menyediakan 1/5 tanahnya untuk tanaman yang ditentukan Belanda 3. Lama penanaman sama dengan lama penanaman padi 4. Tanah yang 1/5 bebas pajak 5. Hasil panen diserahkan ke Pemerintah Kolonial Belanda 6. Gagal panen dibebankan ke pemerintah 7. Pengawasan pengerjaan diserahkan ke pengurus desa dan pegawai Belanda setempat Sistem Tanam paksa dalam pelaksanaannya memiliki banyak penyimpangan , diantaranya : 1. Lama pengerjaan lebih lama dari masa penanaman padi 2. Pajak ditanggung petani 3. Gagal panen tetap ditanggung petani 4. Sawah petani terbengkalai 5. Para pengawas melakukan kekerasan dan korupsi
Dibalik politik ekonomi system tanam paksa, sebenarnya Belanda secara jelas meminta kepada rakyat Indonesia untuk membayar hutang-hutang VOC yang kini jadi beban Kerajaan Belanda, rakyat diminta membantu membayar gaji-gaji pegawai VOC dan rakyat diminta membayar biaya perang yang dilakukan Belanda terhadap rakyat Indonesia yang menolak kolonialisme Belanda. Sistem tanam paksa merupakan metode cerdas Belanda menambah sumber-sumber penghasilan dalam mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia dan sumber daya manusianya.

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...