Minggu, 01 Maret 2015

POLITIK EKONOMI TANAM PAKSA

Materi Pelajaran Sejarah SMA POLITIK EKONOMI TANAM PAKSA Perang, korupsi dan beban utang yang besar membuat VOC bangkrut. Aset-aset VOC diambil alih oleh pemerintah colonial Belanda. Dan pemerintah colonial Belanda mengirim Van Den Bosch untuk menata ulang semua masalah dan mencari pemecahannya di tanah Jajahan Hindia Belanda, termasuk mengatasi perang, korupsi dan hutang. Solusi yang dilakukan oleh Van Den Bosch adalah harus menerapkan system cultuur stelsel , yang berisi : 1. Rakyat menyediakan tanah untuk yang akan ditanami tanaman ekspor 2. Rakyat harus menyediakan 1/5 tanahnya untuk tanaman yang ditentukan Belanda 3. Lama penanaman sama dengan lama penanaman padi 4. Tanah yang 1/5 bebas pajak 5. Hasil panen diserahkan ke Pemerintah Kolonial Belanda 6. Gagal panen dibebankan ke pemerintah 7. Pengawasan pengerjaan diserahkan ke pengurus desa dan pegawai Belanda setempat Sistem Tanam paksa dalam pelaksanaannya memiliki banyak penyimpangan , diantaranya : 1. Lama pengerjaan lebih lama dari masa penanaman padi 2. Pajak ditanggung petani 3. Gagal panen tetap ditanggung petani 4. Sawah petani terbengkalai 5. Para pengawas melakukan kekerasan dan korupsi
Dibalik politik ekonomi system tanam paksa, sebenarnya Belanda secara jelas meminta kepada rakyat Indonesia untuk membayar hutang-hutang VOC yang kini jadi beban Kerajaan Belanda, rakyat diminta membantu membayar gaji-gaji pegawai VOC dan rakyat diminta membayar biaya perang yang dilakukan Belanda terhadap rakyat Indonesia yang menolak kolonialisme Belanda. Sistem tanam paksa merupakan metode cerdas Belanda menambah sumber-sumber penghasilan dalam mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia dan sumber daya manusianya.

Sabtu, 28 Februari 2015

ASEAN

Materi Pelajaran Sejarah SMA ASEAN Sejarah Berdirinya : didirikan di Bangkok tanggal 8 agustus 1967. Dengan Negara pendiri Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapore, Filipina. • Organisasi ini bertujuan untuk : 1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, 2. Meningkatkan kemajuan sosial, 3. Pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, 4. Memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, 5. Meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai. 2. Arti dan Makna Lambang ASEAN Lambang Asean membawa arti Asean yang stabil, aman, bersatu dan dinamik. Warna logo ASEAN ada 4, yaitu biru, merah, putih, dan kuning. Warna tersebut merupakan warna utama lambang negara-negara Asean. Warna biru melambangkan keamanan dan kestabilan, Merah melambangkan semangat dan dinamisme sedangkan putih menunjukkan ketulenan dan kuning melambangkan kemakmuran. Sepuluh tangkai padi melambangkan cita-cita pelopor pembentuk Asean di Asia Tenggara yaitu bersatu dan bersahabat. Bulatan melambangkan kesatuan Asean. 3. Sejarah Berdirinya ASEAN Asean di prakasai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand : • Menteri Luar Negeri Indonesia : Adam Malik • Wakil Perdana Menteri Malaysia : Tun Abdul Razak • Menteri Luar Negeri Filipina : Narsisco Ramos • Menteri Luar Negeri Singapura : Sinatambi Rajaratnam • Menteri Luar Negeri : Thanat Koman Sedangkan terdapat negara-negara lain yang kemudian bergabung kedalam ASEAN sehingga total menjadi 10 negara, yaitu : 1. Brunei Darussalam (7 Januari 1984) 2. Vietnam (28 Juli 1995) 3. Myanmar (23 Juli 1997) 4. Laos (23 Juli 1997) 5. Kamboja (16 Desember 1998) 4. Tujuan di Bentuknya ASEAN  Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial buaya di kawasan Asia Tenggara.  Memajukan perdamaian dan stabilitas regional Asia Tenggara.  Memajukan kerja sama dan saling membantu kepentingan bersama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.  Memajukan kerja sama di bidang pertanian, indusrti, perdagangan, pengangkutan, dan komunikasi.  Memajukan penelitian bersama mengenai masalah-masalah di Asia Tenggara.  Memelihara kerja sama yang lebih erat dengan organisasi internasional dan regional. 5. Prinsip-prinsip Utama ASEAN • Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap Negara. • Tidak mencampuri urusan dalam negara sesama anggota. • Kerja sama efektif antar anggota. • Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan. • Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai. (kunjungi http://Sosisologi cikampek2.blogspot.com dan http://Sejarah duchie.blogspot.com )

Uni Eropa (UE)

Materi Pelajaran Sejarah SMA

Uni Eropa Uni Eropa(UE) Adalah organisasi pemerintahan dan supra nasional. Yang beranggotakan Negara Negara Eropa. Sejak 1 juli 2013 telah memiliki 28 negara anggota. Persatuan ini di dirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih di kenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992, Namun banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya kembali ke tahun 1950-an. Organisasi internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan. 



Di beberapa bidang, keputusan-keputusan ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggota, dan di bidang-bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. Lembaga organ penting di dalam Uni Eropa adalah  Komunikasi Eropa  Dewan Uni Eropa  Mahkamah Eropa, dan  Bank Sentral Eropa. Pada tanggal 12 Oktober 2012, Uni Eropa di tetapkan sebagai penerima Penghargaan Perdamaian Nobel tahun 2012. Upaya penyatuan Eropa : Percobaan untuk menyatukan Negara Eropa telah di mulai o 3000 tahun lalu, Eropa di dominasi oleh bangsa Celt, o Benua Eropa di taklukkan di perintah kekaisaran Roma yang berpusat di Roma. penyatuan di ciptakan dengan cara paksa. o Kekaisaran Franks dari Charlemegne Perncis berusha menyatukan Eropa. o Kekaisaran Suci Roma menyatukan wilayah yang luas di bawah administrasi yang longgar selama beberapa ratusan tahun. o Belakangan pada 1800-an Costoms Union di bawah Napoleon Bonaparte , Prancis berusaha menguasai eropa dengan agresi militernya. o Adolp Hitler pada 1940-an dengan pasukan Nazi jerman berusaha menguasai benua Eropa dengan program ambisiusnya, Jerman Raya . o Dari pergantian namanya dari “Masyarakat Ekonomi Eropa” ke “Masyarakat Eropa” hingga ke “Uni Eropa” menandakan bahwa organisasi ini telah berubah dari sebuah kesatuan ekonomi menjadi sebuah kersatuan politik. Kebijakan Uni Eropa mencakup sejumlah kera sama yang berbeda.  Pengembangan keputusan yang otonom : Negara-negara yang telah memberikan kepada Komisi Eropa kekuasaan untuk mengeluarkan keputusan-keputusan di wilayah-wilayah tertentu seperti misalnya Undang Undang Kompetisi, Kontrol Bantuan Negara dan Liberalisasi.  Harmonisasi : hokum Negara-negara anggota di harmonisasikan melalui proses legislative Uni Eropa, yang melibatkan komisi Eropa,Perlemen Eropa dab Dewan UE. Akibat dari hal ini hokum UE semakin terasa hadir dalam system-sistem Negara anggota.  Koperasi : Negara-negara anggota, yang bertemu sebagai Dewan UE sepakat untuk bekerja sama dan mengkoordinasikan kebijakan dalam Negara mereka Dewan Uni Eropa Dewan Eropa memberikan pengarahan kepada Uni Eropa, dan mengadakan sidang sedikitnya empat kali setahun. Dewan Eropa terdiri dari : 1. Presiden Dewan Eropa, 2. Presiden Komisi Eropa dan 3. satu wakil per negara anggota; baik kepala negara atau kepala pemerintahan. Dewan Eropa digambarkan oleh beberapa pihak sebagai "otoritas politik tertinggi" Uni Eropa. Dewan Eropa aktif terlibat dalam negosiasi perubahan perjanjian dan mendefinisikan agenda dan strategi kebijakan Uni Eropa. Dewan Eropa berperan :  Menyelesaikan perselisihan antara negara-negara anggota dan institusi-institusi Uni Eropa,  Menyelesaikan krisis politik dan perbedaan pendapat atas masalah dan kebijakan kontroversial.  Berfungsi sebagai "Kepala Negara kolektif"  Meratifikasi dokumen penting (misalnya perjanjian dan persetujuan internasional). (kunjungi http://Sosisologi cikampek2.blogspot.com dan http://Sejarah duchie.blogspot.com

Rabu, 25 Februari 2015

TRANSISI DARI PEMERINTAHAN RAFFLES KE BELANDA

Materi Pelajaran Sejarah SMA

TRANSISI DARI RAFFLES KE BELANDA

Inggris menjajah Indonesia setelah pasukan Inggris yang dipimpin Sir Thomas Stamford Raffles dengan mudah mengalahkan pasukan Perancis di kawasan Jatinegara, Batavia, tahun 1811.  Lemahnya pasukan Perancis di Batavia karena Jannsen, pengganti Daendels lebih lemah sikap kepemimpinannya dibanding Daendels.  Dia juga tidak didukung sepenuh hati oleh para pegawai kolonial Belanda, karena, Jansen dan Daendels bentuk dari penjajahan Perancis atas Belanda di Hindia Belanda.

Sementara disisi lain, Raffles yang berasal dari Inggris, lebih bersahabat dibanding Jensen dan Daendels, apalagi Inggris sekutu Belanda dalam perang melawan pasukan kekaisaran Perancis yang dipimpin Napoleon Bonaparte.

Thomas Stamford Raffles yang muda dan cerdas dipercaya menjadi Gubernur Jendral Inggris di Batavia. Kekuasaan Gubernur Jendral Raffles yang berkedudukan di Batavia harus berakhir dengan adanya Convention of London pada tahun 1914. Dari pulau Jawa ke Raffles pindah ke Sumatera dan menjadi Gubernur Inggris untuk daerah Bengkulu, Bangka dan Belitung. Raffles sangat tidak setuju pulau Jawa diserahkan Inggris ke Belanda, demikian juga dia sangat kecewa karena pulau Bangka , Bengkulu juga diserahkan ke Belanda.

Namun, dia juga gembira, karena sudah membeli Singapore dari Sultan Johor, Tengku Husein. Dan dengan kecerdasannya Singapore dibangun Raffles menjadi kota dagang yang ramai. 
 Di Pulau Jawa, Gubernur Jendral Van Der Capellen menjalankan kebijakan :
1. Mempertahankan system keresidenan
2. Sistem juri dalam hokum Belanda dihapus
3. Kedudukan Bupati pribumi dipertahankan dan digaji
4. Pemerintahan tingkat desa dipertahankan untuk memungut pajak dan hasil bumi
5. Mengundang investor kaya Belanda membuka perkebunan di Indonesia. Demikian transisi pemerintahan dari Raffles ke Belanda

Sabtu, 21 Februari 2015

JEJAK-JEJAK SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA

Artikel :JEJAK-JEJAK SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA Jejak sejarahnya terdapat dalam : 1. Folklore Folklore adalah adat-istidat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun menurun, tetapi tidak dibukukan. Folklore dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu folklore lisan dan folklore nonlisan. Folklore lisan adalah folklore yang diciptakan,disebarluaskan dan diwariskan dalam bentuk lisan, seperti bahasa, teka-teki, puisi rakyat, sebagainya. Folklore nonlisan adalah folklore diciptakan, disebarluaskan, dan diwariskan tidak dalam bentuk benda-benda hasil kebudayaan manusia, seperti arsitektur rakyat, kerajinan tangan, pakaian, dan perhiasan dan sebagainya. 2. Mitologi Mitologi adalah ilmu tentang kesusasteraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. 3. Legenda Legenda adalah sebuah cerita rakyat pada masa lampau yang masih memiliki hubungan dengan peristiwa-peristiwa sejarah atau dengan dongeng-dongeng, seperti cerita tentang terbentuknnya suatu negara,danau, gunung,dan sebagainya. Contoh cerita gunung Tangkuban Perahu di kawasan Priyangan 4. Upacara Upacara adalah rangkaian tindakan atau perbuatan yang terikat pada atuan-aturan tertentu berdasarkan adat-istiadat, agama ataupun kepercayaan. Jenis-jenis upacarayang dikenal dalam kehidupan masyarakat adalah upacara penguburan,upacara perkawinan, upacara pengukuhan kepala suku, upacara sebelum berperang dan sebagainya. 5. Lagu – lagu daerah Lagu daerah adalah lagu yang menggunakan bahasa daerah. Demikian, JEJAK-JEJAK SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA. ( anda dapat mengunjungi http://LEADERSHIP AND MANAGEMENT IN HISTORY.blogspot.com atau http://sejarah duchie.blogspot.com ).

TRADISI SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA SEBELUM MENGENAL TULISAN

Artikel :TRADISI SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA SEBELUM MENGENAL TULISAN Cara masyarakat mewariskan masa lalu Ada beberapa cara untuk mewariskan masa lalu pada masyarakat ini, diantaranya : a. Melalui keluarga Pewarisan oleh keluarga dilakukan secara bertahap, mulai dari yang sederhana dan mudah dipahami menuju ke sesuatu pemahaman yang kompleks atau rumit. Ada dua cara sosialisasi dalam keluarga pada masyarakat sebelum mengenal tulisan, yaitu melalui : 1. Adat istiadat setiap keluarga memiliki adat-istiadat atau kebiasaan. Tradisi dan adat kebiasaan tersebut diwariskan kepada seorang anak melalui sosialisasi. 2. Cerita dongeng pada cerita dongeng disisipkan pesan-pesan mengenai sesuatu yang pandang baik untuk dilakukan maupun mengenai sesuatu dipandang tidak baik dan tidak boleh dilakukan. b. Melalui masyarakat Baik secara langsung maupun tidak langsung, masyarakat memiliki caranya untuk mewariskan masa lalu. 1. Adat istiadat masing-masing masyarakat memiliki adat-istiadat yang berbeda satu sama lain. 2. Pertunjukan hiburan Salah sat diantaranya adalah pertunjukan wayang. 3. Kepercayaan masyarakat ini didasarkan penelitian seorang sarjana berkebangsaan perancis, G. Coedes, menyatakan bahwa masyarakat indonesia sebelum mengenal tulisan atau sebelum masuknya pengaruh hindu-budhdha telah memiliki 10 unsur pokok peradaban. Salah satu dari 10 unsur pokok peradaban itu adalah kepercaayaan. Kepercayaan itu berbentuk animisme, dinamism, dan monoisme, serta pemujaan terhadap roh nenek moyang atau roh leluhur. TRADISI SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA SEBELUM MENGENAL TULISAN 10 unsur pokok peradaban Indonesia menurut C Brandes adalah : a. Sistem kepercayaan Kepercayaan terhadap roh nenek moyang ini terus berkembang pada masa bercocok tanam hingga perundagingan. Selain penghormatan masa bercocok terhadap roh nenek moyang, ada juga kepercayaan terhadap kekuatan alam. b. Sistem kemasyarakatan Pada masa ini sistem kemasyarakatan menjadi lebih kompleks. Masyarakat terbagi menjadi kelompok-kelompok tertentu sesuai dengan bidang keahlianny. (anda dapat memperdalam ilmu kepemimpinan melalui http://History of leadership.blogspot.com) c. Pertanian Sistem persawahan mulai dikenal bangsa indonesia sejak zaman neolitikum, yakni sejak manusia menentap secara permanen ( sedenter ). d. Kemampuan berlayar Kemampuan berlayar ini selanjutnya menjadi dasar dari kemampuan berdagang. Itulah sebabnya, sejak awal masehi, bangsa indonesia sudah mulai berkiprah dalam jalur pelayaran perdagangan internasional. e. Sistem bahasa Bahasa yang tersebar diseluruh wilayah indonesia itu termasuk dalam satu rumpun bahasa melayu austronesia atau bangsa melayu kepulauan selatan. f. Ilmu pengetahuan Sebelum pengaruh hindu-buddha masuk masyarakat indonesia telah mengenal ilmu pengetahuan astronomi dan teknologi. Oleh karena itu, mereka telah menetahui secara teratur waktu bercocok tanam, panen, atau saat yang tepat untuk berlayar dan menangkap ikan. g. Ilmu sosial Kelompok masyarakat ini lebih dikena dengan sebutan suku. h. Teknologi Sejak masa prasejarah, masyarakat indonesia telah mengenal teknik pengecoran logam dengan teknik Bivolve i. Sistem ekonomi Hubungan perdagangan yang mereka kenal pada saat itu adalah sistem barter, yaitu pertukaran barang dengan barang. j. Kesenian Masyarakat prasejarah telah mengenal kesenian sebagai hiburan untuk mengisi waktu senggang.   Demikian tradisi sejarah masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan silahkan kunjungi www.sosiologi cikampek 2.blogspot.com untuk belajar sosiologi.

JENIS-JENIS SEJARAH

Artikel : JENIS-JENIS SEJARAH 1. Sejarah lokal Sejarah lokal mengandung suatu pengertian, bahwa suatu peristwa yang telah terjadi hanya meliputi suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah lainnya. Peristiwa itu muncul hanyalah untuk daerah yang bersangkutan. 2. Sejarah nasional Sejarah nasional mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang telah terjadi mencakup kawasan yang lebih luas dari sejarah lokal. Sejarah nasional meliputi suatu peristiwa yang terjadi dalam suatu negara dan dapat mempengaruhi kehidupan bangsanya dalam berbagai sektor seperti politik,ekonomi,sosial,budaya dan lain sebagainnya. 3. Sejarah dunia Sejarah dunia mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang terjadi dapat mempengaruhi perkembangan dunia internasional. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dapat meliputi berbagai masalah dari beberapa negara. Misalnya, perang dunia I dan perang dunia II. 4. Sejarah geografi Geografi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi. Pembahasaam dalam geografi menyangkut tentag geologi ( ilmu tanah ), flora ( ilmu tumbuh-tumbuhan ), fauna ( ilmu hewan ), dan manusia. 5. Sejarah ekonomi Ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang membahas adanya upaya manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. 6. Sejarah ketatanegaraan dan politik pemerintahan Sejarah ketatanegaraan atau politik pemerintah bangsa indonesia, biasanya pandangan atau tanggapan tertuju hanya kepada perkembangan ketatanegraan dan sistem pemerintahan pada zaman hindu, budha, islam, zaman kolonial atau zaman indonesia merdeka. 7. Sejarah sosial Dalam sejarah kehidupan manusia, sistem sosial telah berkembang sejak masa lampau, yaitu tempatnya sejak zaman prasejarah. Pada zaman prasejarah, manusia pernah mengalamui suat revolusi sosial dalam kehidupan masyarakat, tepatya pada zaman Neolitikum yaitu dari masyarakat yang bersifat food gathering ke masyarakat, yaitu bersifat food producing.

1. Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah

Artikel : Ilmu Sejarah 1. Periodisasi dalam sejarah dilakukan oleh masyarakat, bangsa atau negara diseluruh dunia. Periodisasi dalam sejarah ini juga dilakukan, karena pada setiap periodde sejarah terdapat rangkaian-rangkaian peristiwa atau kejadian dengan jumlah yang sangat banyak. 2. Konsep kronologi dalam ilmu sejarah Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang sangat memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia. Konsep kronologi adalah suatu konsep dalam ilmu sejarah yang sangat penting manfaatnya. 3. Konsep kronik dalam ilmu sejarah Kata’’ kronik” dapat ditemukan dalam sejarah dinasti-dinasti dari kerajaan cina. Kronik merupakan sejenis kumpulan tulisan-tulisan dari dinasti-dinasti yang berkuasa dicina, seperti kronik dinasti chou, chin, tang, ming, sung, dan dinasti-dinasti lainnya. 4. Historiografi dalam ilmu sejarah Historiografi adalah ekspresi budaya dan pantulan dari keprihatinan sosial masyarakatat atau kelompok sosial yang menghasilkannya. Historiografi yang dihasilkan oleh para literator yang dipelihara oleh penguasa, tentu saja dapat memperkuat legitimasi serta mempertahankan dasar nilai yang menjadi sandaran ideologi kekuasaaan.

Jumat, 20 Februari 2015

Runtuhnya Uni Sovyet

Artikel : Runtuhnya Uni Sovyet Dibawah kepemimpinan yang keras dari Vladimir Ilich Lenin, Uni Sovyet berubah menjadi Negara super power yang mampu mengalahkan kekuatan militer Jerman dan menandingi gabungan kekuatan militer Sekutu. Hal ini ditandai dengan pendudukan wialayah Jerman Timur dan menjadikan wialayah jerman Timur menjadi Negara komunis yang pro Uni Sovyet dan menandingi Negara Jerman barat yang dibentuk dan didukung Sekutu pimpinan AS. Uni Sovyet sebagai superpower saingan barat, bersaing tidak saja secara ideologis, yaitu melakukan ekspor ideology komunis keberbagai Negara, tetapi juga bersaing dengan Amerika dibidang Ilmu Pengetahuan, olahraga, teknologi, militer termasuk juga dibidang ekonomi dan perdagangan. Sistem ekonomi komunis yang tertutup dengan system ekonomi Amerika dan sekutunya yang bersifat terbuka dan didukung dengan system manajemen modern dan teknologi tinggi telah membuat daya saing ekonomi Uni Sovyet melemah dan tidak menjanjikan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat dunia, kondisi ini membuat ideology komunis kurang bisa diterima masyarakat dunia yang lebih pro dengan budaya liberal dan system pemerintahan yang demokratis. pindah. Berikut ini Penyebab runtuhnya Uni Sovyet : 1. Munculnya Mikhail Gorbachev sebagai sekjen US dengan program Perestroika dan glassnotsnya 2. Kekalahan dalam perang di Afghanistan 3. Kekalahan system komunisme dari system liberalism 4. Ekonomi Uni Sovyet tak mampu menunjang biaya menjadi Negara super power 5. Banyaknya Negara-negara bagian Uni Sovyet yang ingin merdeka dari Uni Sovyet . 6. Restrukturisasi ekonomi menyebabkan jutaan warga di seluruh Uni Soviet menganggur. 7. reformasi kapitalis ala Gorbachev yang tidak didukung dengan manajemen yang baik mengakibatkan terjadinya resesi ekonomi yang parah Akibat Runtuhnya Uni Sovyet 1. Pecahnya Negara Uni Sovyet 2. Berdirinya Negara Republik Rusia 3. Munculnya Negara baru yaitu Ukrania, Latvia, Slovenia, Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan Turkmenistan 4. Terbentuknya federasi CIS Demikian penyebab runtuhnya Uni Sovyet

PENGERTIAN SEJARAH

Artikel : Kata “sejarah” beasal dari bahasa arab, yaitu syajaratun yang berarti pohon. Menurut bahasa arab, sejarah sama artinya dengan sebuah pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sangat sederhana ke tingkat yang lebih kompleks atau ke tingkat yang lebih maju. Dalam bahasa inggis, kata “sejarah” (history) berarti masa lampau umat manusia. Sedangkan dalam bahasa jerman, kata”sejarah” ( geschicht) berarti sesuatu yang telah terjadi. Sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi yang menimbulkan perubahan besar bagi masyarakat. Ciri-ciri utama sejarah 1.Peristiwa yang abadi Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa. 2. Peristiwa yang unik Peristiwa sejarah merupakan peistiwa yang unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak penting terulang persis sama untuk kedua kalinya. 3. Peristiwa yang penting Peistiwaq sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dijadikan momentum, karena mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak. HAKEKAT DAN RUANG LINGKUP SEJARAH Sejarah sebagai peristiwa Para sejarawan mencatat rankaian peristiwa-peistiwa yang telah terjadi dimasa lampau itu, juga mencoba menelusuri awal mula munculnya suatu peristiwa-peistiwa yang telah tejadi di masa lampau, mencari sebab-sebab munculnya peristiwa itu. Sejarah sebagai kisah Meyusun kisah sejarah dari suatu masyarakat,bangsa dan negara dipastikan meninggalkan jejak-jejak sejarah yang tidak sedikit.jejak-jejak sejarah yang berisi angkaian – rangkaian peistiwa atau kejadian-kejadian dalam lingkup kehidupan manusia menjadi sumber penting untuk penulisan kisah sejarah. Sejarah sebagai ilmu Sejarah sebagai ilmu karena sejarah disusun melalui penelitian ilmiah ,menggunakan metode ilmiah . Sehingga, peristiwa sejarah yang disusun didasarkan pada bukti-bukti yang ditemukan dilapangan, dianalisis, disimpulkan. Sejarah sebagai seniPeristiwa sejarah disusun berdasarkan bukti-bukti. Bukti-bukti di kritik, dengan kritik ekstern dan kritik intern. Fakta – fakta sejarah disusun menjadi sebuah cerita Sejarah. Agar cerita ini menarik dan mudah dipahami maka sejarawan harus pandai menuliskan ceritanya. Kemampuan menulis cerita yang enak dibaca dan mudah dipahami, membuat sejarah sebagai sebuah karya seni .

Perang Dingin

Artikel : Perang Dingin
Latar belakang Perang Dingin :
1. Timbulnya 2 negara super power setelah perang dunia II
2. Pesaingan ideology antara 2 super power AS dan US Penyebab Perang Dingin 1. Ada dukungan dari Barat terhadap gerakan Putih anti-Bolshevik dalam Perang Saudara Rusia, 2. pemberian dana oleh Uni Soviet kepada pekerja pemberontak Britania pada tahun 1926
3. Persaingan Ideologi antar Amerika Serikat dengan blok baratnya dengan Uni Sovyet dengan blok Timur yang dipimpinnya.
4. filosofi Partai Bolshevik yang dibentuk untuk menentang kapitalisme
5. Perebutan wilayah ( geopolitik ) antara Blok barat dengan blok Timur
6. Perlombaan Teknologi senjata strategis dan nuklir
7. Timbulnya system aliansi Fakta NATO dengan Fakta Warsawa
 8. Kegiatan spionase

Bentuk Perang Dingin :
1. Ketegangan politik antara 2 super power
2. Perlombaan senjata
3. Saling curiga dan saling memata-matai pihak lawannya
4. Perang dinegara ketiga untuk mendukung golongan yang berfihak kepada kedua superpower sersebut. pindah.

 Akibat perang dingin :
1. Dunia dilanda kekhawatiran terjadinya perang nuklir dan perang konvensional
2. Banyaknya korban jiwa akibat perang saudara yang didukung kedua Negara superpower
3. Banyaknya korban cacat dan trauma akibat perang dingin dinegara mereka .

Negara korban Perang Dingin :
1. Korea Uni Sovyet dan RRC mendukung kaum komunis Korea dan AS mendukung kaum liberal demokratis Korea untuk menguasai daerah semenanjung Korea. Akibat Korea terpecah menjadi 2 negara, yaitu Korea Utara ( Komunis ) dan Korea Selatan ( Demokratis ).
2. Jerman Perang Dunia 2, Negara Jerman kalah dan diduduki sekutu, wilayah jerman dibagi 4 wilayah, Yaitu wilayah yang dikuasai tentara Uni Sovyet, yang dikuasai tentara AS, Inggris, Perancis. Wilayah yang dikuasai Uni Sovyet dibentuk menjadi Negara komunis Jerman Timur, Sementara yang dikuasai Inggris , Perancis danAmerika Serikat menjadi Negara federal Jerman ( Jerman barat ).
3. Afghanistan Aghanistan awalnya sebuah kerajaan Islam. Tetapi kudeta kaum komunis menjadikan Afghanistan menjadi Negara komunis. Penduduk Afghanistan yang muslim tidak menerima kekuasaan kaum komunis yang didukung Uni Sovyet dan mereka melawan dengan membentuk menjadi kaum Mujahidin, diabntu Arab Saudi dan AS.
4. Indonesia Uni Sovyet membantu Partai Komunis Indonesia menguasai pemerintahan baik dalam kudeta tahun 1948 maupun kudeta 1965 dengan pimpinannya Munawar Muso yang telah dilatih di Moskwa, juga melalui gerakan 30 September 1965 dengan pimpinannya Dipo Nusantara Aidit. Amerika Serikat menentang Indonesia jatuh ketangan kaum komunis dan menjadi bagian pengaruh Uni Sovyet dengan cara mendukung partai oposisi anti Soekarno dan TNI.
5. Kamboja Awalnya Kamboja dijajah Perancis namun kemudian diberi kemerdekaan dan menjadi Negara Kerajaan yang dipimpin Norodom Sihanouk. Politik luar negeri Norodom Sihanouk dekat dengan RRC yang komunis , hal ini membuat Jendral Lon Nol melakukan kudeta terhadap raja Sihanouk. Jendral Lon Nol dekat dengan Amerika Serikat. Kaum Komunis dari partai Khmer merah tidak suka dengan Lon Nol yang pro Amerika ( barat ) dan mengkudeta Jendral Lon Nol. Khmer merah berkuasa dikamboja dan didukung RRC. RRC dengan Uni Sovyet pecah. Uni Sovyet membantu Vietnam dan Vietnam melalui Heng Sam Rin mengkudeta partai Khmer merah dan menyingkirkan PolPot dari kekuasaan di Kamboja.
6. Vietnam Vietnam merupakan jajahan Perancis yang kemudian merdeka, namun kaum komunis Vietnam berusaha mendirikan Negara komunis diwilayah Vietnam Utara dan akhirnya beruapaya mengkomuniskan seluruh wilayah Vietnam. Amerika Serikat tidak ingin Vietnam jauth ketangan kaum komunis, karena itu, Amerika mendukung pemerintahan Vietnam Selatan yang pro AS. Sehingga terjadi perang Vietnam dan Amerika Serikat kalah dan seleuruh Vietnam jautuh ketangan kaum komunis.

 Upaya Meredam Perang Dingin :
1. Dibentuknya Gerakan Non Blok
2. Diadakannya Konferensi Asia Afrika
3. Perjanjian Non Proliferasi Nuklir
4. Perjanjian pembatasan Persenjataan strategis
5. Perjanjian Pengurangan Persenjataan strategis

Berakhirnya Perang Dingin ditandai :
1. Bubarnya Uni Sovyet
2. Merdekanya Negara-negara Eropa Timur dari kekuasaan US dan Komunisme
3. Meningkatnya Ilmu Pengetahuan dan teknologi Informasi serta teknologi transportasi yang mendorong globalisasi
4. Munculnya RRC sebagai Superpowerbaru dalam bidang ekonomi dan militer

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...