Jumat, 12 Agustus 2016

Peradaban lembah Sungai Indus ( 3000 sm – 1500 sm )

Learning Indonesian history for all people


India memiliki dua pusat peradaban tertua, yaitu peradaban lembahsungai Gangga terletak didaerah Punjab dekat sungai Raki dan Mohenjodaro ( sekarang Pakistan).   Peradaban lembahsungai Indus dimulai sekitar  tahun 3000 SM.  Pusat kebudayaan dan perdabannya di kota Mohenjo Daro dan Harappa. 
Pendukung kebudayaan Mohenjodaroi dan Harappa adalah suku Dravida.  Penemuan pondasi bangunan kota Mohenjodaro terjadi pada tahun 1924.  Dari penemuan pondasi bangunan kotaMohenjodaro  tergambar kemajuan perababan yang sangat tinggi dalam bentuk :
1.        Tata kota yang teratur. Jalan-jalan yang ada dikota Mohenjodaro lebar dan lurus
2.      Gedung-gedung dibangun dengan penataan yang rapih. Ditemukan bangunan tempat tinggal yang bertingkat.
3.       Saluran sanitasi.  Dipinggir ( bahu ) jalan kota dibangun saluran air.  Juga ditemukan saluran air dari kamar mandi ke saluran air dipinggir jalan.  Rumahpun memiliki jendela sebagai ventilasi udara.
4.      Perekonomian didasarkan pada ekonomi pertanian dengan ditemukannya Lumbung gandum.
5.      Tempat pemandian umum
6.      Teknologi yang dikembangkan dari bahan logam untuk membuat peralatan rumah tangga, senjata ( pedang, Kapak dan tombak )
7.      Kuil keagamaan.  Kuil keagamaan dibangun untuk pemujaan terhadap dewa. Dewi yang paling disembah adalah dewi Ibu sebagai perwujudan dei kesuburan/
8.      Perhiasan dari emas
Tinggal dilembah sungai Indus yang subur membuat Bangsa Dravida hidup makmur sebagai petani dan dapat membangun system pemerintahan yang kuat.  Mereka memuja dewa Prathivi ( dewa Bumi ) dan Dyaus ( dewa langit ).

Namun, pada tahun 2000 SM kedatangan bangsa Arya yang menyembah dewa Varuna ( Matahari ) dan  dari laut kaspia membuat peradaban bangsa Dravida mengalami kemunduran bahkan karena kalah dalam peperangan dengan bangsa Arya, sebagian bangsa Dravida menyingkir kearah India Timur.
Sebaliknya bangsa Arya mengembangkan kebudayaan Hindu dan mempertahankan kedudukannya sebagai penguasa,bangsa Arya mengembangkan system kasta.

Dewa yang disembah ummat Hindu adalah dewa Bhrahma, dewa yang menciptakan dunia, dewa Indra , dewa yang mengatur alam semesta dan alam Kahyangan.  Kemudian Dewa Wishnu dewa yang menjaga kebaikan dan keburukan dialam semesta. Dewa Syiwa yaitu Dewa perusak , ia menghancurkan  setan dan menjaga alam semesta.  Dewa syiwa memiliki anak yaitu dewa Ganeha atau dewa kebijaksanaan. Disisi lain, orang India menyembah Dewa Api, dewa yang menjadi penghubung antara manusia dengan alam kahyangan karena asap dari api membumbung tinggi dan dipercaya sampai kekahyangan.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...