Sabtu, 07 Februari 2015

KEPEMIMPINAN ADOLF HITLER

Masa Kecil 

Negara Jerman, terkenal dengan teknologinya yang berkualitas tinggi.  Banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat Ilmu Pengetahuan.  Dari segi sejarah , Jermanpun tak kalah, dan yang paling fenomenal adalah  seorang  Adolf Hitler  yang  lahir pada tanggal 20 April 1889, Braunau Am Inn, Austria-Hongaria,  Ayahnya  Alois Hitler  dan  Ibu  Klara Polzl . Dialah pencetus perang dahsyat yang memakan korban manusia luar biasa besar. Perang Dunia ke II.

Adolf Hitler adalah anak keempat dari enam bersaudara. Hitler dikenal sebagai pelajar yang baik, namun sempat tidak naik kelas, ia jadi malas belajar . Ia memberontakan dan menolak  kemauan ayahnya yang ingin dia berkonsentrasi sebagai pegawai cukai. Sedangkan Hitler menyukai dunia seni lukis dan ingin menjadi pelukis.

Setelah ayah dan ibunya meninggal hidup Hitler makin berantakan. Ia mencoba menjadi pelukis dan mencoba masuk ke Akademi seni,  di Wina,namun karena bakatnya kurang baik , maka di tolak.
Masa Remaja
Kegagalan masuk ke akademi Seni, membuatnya prustasi, ia menjadi pengangguran dan bekerja serabutan ,  dia hidup di penampungan tunawisma untuk tetap bertahan hidup.  Kegetiran hidup membuatnya membenci  dan dia menjadi seorang nasionalis Jerman yang fanatik
Masuk Tentara
Tahun 1913 dia pindah ke Munchen dengan bekal dari sisa-sisa harta ayahnya. Ia sengaja pindah ke Munchen untuk menghindari wajib militer Austria. Namun, tentara Austria berhasil menangkapnya. Namun karena tidak lulus syarat militer, Hitler akhirnya diijinkan kembali ke Munchen.
Tahun 1914, Jerman mamasuki kancah perang dunia I. Pada waktu itu, Hitler memutuskan untuk bergabung dengan tentara Bavaria dan akhirnya Raja Ludwih II Bavaria mengizinkannya bertugas dalam resimen Bavaria. Ketika bertugas Angkatan Bersenjata Jerman, ia terluka dan peroleh dua medali untuk keberaniannya. Kekalahan Jerman membikinnya terpukul dan geram.
Masuk Partai Sosialis
Di tahun 1919 tatkala umurnya menginjak tiga puluh tahun, dia bergabung dengan partai kecil berhaluan kanan di Munich, dan segera partai ini mengubah nama menjadi Partai Buruh Nasionalis Jerman (diringkas Nazi).
Kegemaran membaca buku-buku sejarah dan keuletannya untuk belajar berpidato keseorang guru bahasa , membuatnya ingin menjadi tokoh sejarah besar dan menjadi orator yang hebat, yang kalimatnya mempengaruhi orang banyak.
Dalam tempo dua tahun dia menanjak jadi pemimpin yang tanpa saingan yang dalam julukan Jerman disebut "Fuehrer." Di bawah kepemimpinan Hitler, partai Nazi dengan kecepatan luar biasa menjadi suatu kekuatan politik
Kalkulasi politiknya yang belum matang membuatnya sebuah langkah politik blunder, yaitu di bulan Nopember 1923 ia dan partai sosialisnya melakukan percobaan kekuasaan yang gagal. Kup itu terkenal dengan sebutan "The Munich Beer Hall Putsch." Hitler ditangkap, dituduh pengkhianat, dan terbukti bersalah.
Didalam penjara, Adolf Hitler  menulis buku berjudul “mein Kampf( perjuanganku ), yang berisi kisah hidup , pemikiran dan ambisi politiknya . Tetapi, dia dikeluarkan dari penjara sesudah mendekam di sana kurang dari setahun.
Ekonomi Jerman yang terpuruk dan dikuasai bangsa Yahudi.  Membuat Adolf Hitler membenci kaum Yahudi. Dia menjadi seorang rasialis yang fanatik, Dalam pidatonya, ia menganggap bangsa Jerman sebagai Ras terbaik di Dunia, dan ia merendahkan ras-ras lain, termasuk orang Yahudi yang dilakukannya dengan penuh benci meletup-letup. Dia menyalahkan kaum Yahudi atas keterpurukan Jerman setelah Perang Dunia 1.  Secara terbuka dia mengumumkan bunuh tiap orang Yahudi di dunia.  Demikian juga, orang-orang Rusia dan Gypsy juga dibabat,  dianggap termasuk ras rendah atau musuh-musuh negara. Jangan sekali-kali dibayangkan pembunuhan ini dilakukan secara spontan, atau dalam keadaan panas dan sengitnya peperangan.
Kondisi Jerman Setelah Perang Dunia ke 1

Ambisi Hitler
Untuk mendongkrat karir politiknya , Hitler di Partai Nazi membangun beberapa proyek mengenai sarana umum, mulai ide mengenai kendaraan murah agar bisa dijangkau oleh rakyat Jerman, yaitu mobil yang sekarang kita kenal mobil Volkswagen (VW)
Walau tak punya pengalaman politik samasekali, tak punya duit, tak punya hubungan politik, mampu --dalam masa kurang dari empat belas tahun, kemauannya untuk belajar membuatnya menjadi pemimpin kekuatan dunia yang menonjol, sungguh-sungguh mengagumkan. Kemampuannya selaku orator betul-betul luar biasa. Tidaknya hanya dengan pidato,   cara kotor ( seperti Teror dan pembunuhan ) digunakan untuk mengangkatnya ke puncak kekuasaan, sekali terpegang tangannya tak akan cepat terlupakan.  Ia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945
Kebrutalan Hitler terlihat ketika dia membunuh semua penentangnya pada juni 1934. Adolf Hitler memiliki dendam pribadi dengan orang komunis dan yahudi sehingga ia melakukan penyerangan, pembunuhan dan menyalahkan mereka atas situasi politik ekonomi yang buruk di Jerman. Hitler yang juga merupakan kanselir Jerman, memimpin Jerman dari 1934 hingga meninggal. Ia menjadi pemimpin diktator yang menyatukan kanselir dan presiden sebagai satu kesatuan jabatan serta menetapkan NAZI adalah partai tunggal di Jerman.

Peran Hitler Dalam  Perang Dunia ke 2
Adolf Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa.  Sebagai mantan tentara Ia ingin membangun kekuatan militer Jerman menjadi yang terkuat didunia. Karena semua potensi smber daya dan ekonomi Jerman diarahkan untuk membangun postur militer Jerman yang kuat. Dan setelah tentaranya sangat kuat ia melakukan politik opensif  militer kenegara- Negara terdekatnya. Tahun puncak kehebatan Hitler adalah tahun 1940. Bulan April, Angkatan Bersenjatanya melabrak Denmark dan Norwegia. Bulan Mei, dia menerjang Negeri Belanda, Belgia, dan Luxemburg. Bulan Juni, Perancis tekuk lutut. Tetapi pada tahun itu pula Inggris bertahan mati-matian terhadap serangan udara Jerman-terkenal dengan julukan "Battle of Britain" dan Hitler tak pernah sanggup menginjakkan kaki di bumi Inggris.Pasukan Jerman menaklukkan Yunani dan Yugoslavia di bulan April 1941. Dan di bulan Juni tahun itu pula Hitler merobek-robek "Perjanjian tidak saling menyerang" dengan UniSoviet dan membuka penyerbuan. Angkatan Bersenjata Jerman yang berjumlah 5 juta tentara, tetapi tersebar di banyak front Eropa, dapat menduduki bagian yang amat luas wilayah Rusia tetapi tak mampu melumpuhkannya secara total sebelum musim dingin.
Meski bertempur lawan Inggris dan Rusia, tak tanggung-tanggung Hitler memaklumkan perang dengan Amerika Serikat bulan Desember 1941 dan beberapa hari kemudian Jepang melabrak Amerika Serikat, mengobrak-abrik pangkalan Angkatan Lautnya Pearl Harbor.
Akhir hidup Hitler
Kekalahan perang dimedan front akibat kesalahan  strategi perang.  Membuat pasukan Jerman makin tak berdaya . Pada musim semi tahun 1945. Hitler bunuh diri di Berlin tanggal 30 April dan tujuh hari sesudah itu Jerman menyerah kalah.
Pelajaran yang bisa kita ambil diantaranya Ia memiliki visi tentang Jerman Raya, Ia memiliki strategimanajemen dalam bentuk belajar pidato, masuk partai politik dan menjadi pemimpin tertinggi bangsa Jerman, tetapi sebagai manusia ia memiliki kelemahan, terlalu ambisius, kurang perhitungan, sombong, tak mau mendengar nasihat orang disekelilingnya, merasa paling benar, paling berkuasa, menghalalkan segala cara, dan yang utama,  tak mensyukuri kekuasaan yang diberikan Allah swt kepadanya, maka kekuasaan itu disalahgunakan untuk mencapai tujuan politik pribadinya, maka tidak hanya  menghancurkan diri, masyarakat, tetapi bangsa dan negaranya.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...