Jumat, 29 Januari 2016

Jejak sejarah masa Pra sejarah

Learning history for all people
Masa pra sejarah sulit diketahui, kecuali melalui :
1.    Cerita Rakyat
Cerita rakyat dibuat untuk memberikan pelajaran dari para tetua ke generasi muda mereka, terutama anak-anak. Cerita rakyat kadang dibuat untuk mengingat suatu kejadian besar yang dialami kelompoknya seperti peperangan dengan kelompok lain baik dalam keadaan kalah maupun menang atau untuk memberi hiburan kepada anak-anak mereka ketika santai atau menjelang tidur atau untuk memunculkan indetitas kelompok semacam nasionalisme kelompok.
Cerita rakyat cenderung meramu pengalaman sejarah masa lalu yang dialami oleh kelompok manusia purba dan dibumbui dengan keadaan kelompok dan harapan terhadap keadaan dimasa kini dan dimasa mendatang.
2.    Dongeng
Dongeng adalah Cerita yang sengaja dibuat untuk hiburan, sifatnya hanya khayalan, dibuat-buat, sehingga seperti kejadian yang sebenarnya.
3.    Mitologi
Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap pernah ada, pernah terjadi dimasa lalu dan dianggap memiliki nilai suci. Isinya tentang proses terjadinya alam semesta, asal usul kelompok, kisah alam dewa dan hubungannya dengan kehidupan manusia purba. Dalam cerita rakyat didaerah Sunda Jawa dan Bali dikenal mitos Dewi Sri.
4.    Lagu Rakyat
Lagu rakyat dibuat dalam bentuk puisi.  Lagu ini ada yang dinyanyikan untuk pengobatan, untuk upacara kematian, untuk permainan, untuk persiapan perang agar bertambah berani melawan musuh ( biasanya diserta tarian ), untuk pesta perkawinan dll.

Di Indonesia banyak suku yang memiliki lagu-lagu daerah untuk berbagai suasana.  Lagu –lagu dinyanyikan terkadang diiringi dengan alat music tradisional.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...