Rabu, 09 Maret 2016

Sejarah Indonesia : Penyebaran manusia purba

Learning history for all people
Homo erectus meninggalkan benua Afrika pindah ke asia dan Eropa ( 500.000 tahun yang lalu ). Homo erectus yang pindah ke Eropa menjadi manusia Neanthertal.  Manusia Neantherthal memiliki fisik yang kuat dan berotot, hidup dalam gua-gua, mereka mengubur anggotanya yang mati, merawat yang sakit dan merawat keluarganya yang lanjut usia.
Pada zaman Pleistocen terjadi 4 kali masa glacial, yaitu zaman es, dimana dikutub utara dan kutub selatan bersalju tebal, didaerah khatulistiwa laut-laut dangkal menjadi daratan, karena salju tebal membentuk daratan yang menghubungkan benua Asia dengan pulau Sumatera, Jawa , Madura , Bali .  Pulau papua menyatu dengan benua Australia dan terbentuk daratan Sahul.  Adanya daratan Sahul mendorong perpindahan manusia Homo Sapiens jenis Papua Melanesoid yang kemudian menjadi suku Aborigin menyebrang kebenua Australia.
Benua Australia didiami pertama kali oleh Homo Sapiens dari Asia tenggara sekitar 400.000 tahun yang lalu ketika terbentuk dataran sunda dan dataran Sahul.  Mereka menjadi nenek moyang suku aborigin.

Manusia purba yang tinggal di Asia, hidup sebagai pemburu pengumpul, mereka tinggaldekat selat bering yang menghubungkan Asia dengan Alaska . Mereka kerap menyeberangi selat bering masuk kealaska pada zaman es kemudian menyebar kebenua Amerika hingga ke Patagonia di Argentina pada110.000 tahun yang lalu hinggga 13000 tahun yang lalu.  Ketika  tahun 12.000 sm  selat bering lapisan esnya mencair, hingga putuslah hubungan antara penduduk Asia dengan penduduk Alaska.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...