Senin, 08 Juni 2015

Pemberontakan Peta Pangalengan

Learning history for senior high schools
AMAR SOETISNA
Amar soetisna adalah seorang Budancho dart tentara Peta, Cileunca Pangalengan Bandung selatan, Jawa Barat.  Amar Soetisna dan pasukan Peta Pangalengan melakukan pemberontakan terhadap tentara pendudukan Jepang diwilayah Pangalengan, pada tanggal 4 Mei 1945 dengan basis perjuangan dikaki gunung Malabar.  Pemberontakan Peta Pangalengan didukung pasukan Peta dari Batalyon IV Cimahi pimpinan Aroeji Kartawinata.
Tujuan pemberontakan ini untuk membela nasib rakyat yang sering ditindas tentara Jepang, padahal rakyat sudah sangat miskin. http://www.sejarahduchie.blogspot.com
Tujuan pemberontakan ini juga untuk menagih janji Jepang yang disampaikan PM Kuniaki Koiso untuk memberi kemerdekaan dikemudian hari, tetapi waktunya tidak jelas. 
Ketiga, tujuan pemberontakan sebagai wujud solidaritas terhadap nasib anggota Peta yang dihukum mati, disiksa dalam pemberontakan Peta di Blitar pimpinan Soeprijadi dan pemberontakan Peta Cilacap  pimpinan Shodanco Koesaeri.
Pemberontakan Peta Pangalengan dan Cimahi ditanggapi dengan serius oleh pimpinan militer Jepang seperti Jendral Terauchi, Jendral Itagaki seishiro dan jendral Kumashiki  Harada dan penggantinya Yasiuchi Nagano.
Posisi Cimahi, Pangalengan yang dekat dengan Bandung dan di Bandung merupakan pusat kekuatan militer Jepang, serta banyaknya sarana perang yang strategis seperti  pesawat terbang, kereta api, jawatan telegraf, listrik dll, maka pemberontakan pasukan Peta Pangalengan dan Cimahi dihadapi dengan operasi milter besar- besaran. Apalagi Jepang sudah kehilangan pulau Iwojima, yang menjadi kunci masuk pasukan sekutu menghancurkan daratan Jepang.
Kekuatan Peta Pangalengan tidak berdaya menghadapi kekuatan militer Jepang, sehingga banyak yang tewas atau tertangkap tetapi mengalami siksaan berat.  Sementara, nasib Amar Soetisna sama seperti Soepirijadi pimpinan pemberontakan Peta di Blitar, tidak diketahui kuburannya dimana.
Sumber : Ahmad Mansyur suryanegara. Api sejarah 2.Bandung:salamadani  Pustaka semesta, 2010.


Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...