Minggu, 23 Agustus 2015

Sejarah Kerajaan Kutai

Learning history for senior high schools
Sejarah kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai terletak ditrepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur.  Kerajaan Kutai bercorak Hindu dan menjadi kerajaan Hindu pertama di Nusantara.

Berita keberadaan Kerajaan Kutai bersumber dari 7 prasasti yang disebut Yupa.  Yupa ditulis dengan hurup Pallawa dan ditulis menggunakan bahasa Sanksekerta.  Yupa ditulis pada abad ke 4.

Yupa memberitakan bahwa Raja pertamanya bernama Kundungga dan memiliki anak bernama Aswawarman, Aswawarman memiliki anak berma Purnawarman.  Kundungga merupakan nama asli Indonesia. Sementara, ASwawarman dan Mulawarman merupakan nama yang telah dipengaruhi agama dan kebudayaan Hindu.

Mulawarman mempersembahkan kurban sebanyak 1000 ekor lembu kepada kaum Brhahmana.  Hal ini menunjukkan ia penganut Hindu yang baik.  Mulawarman juga melakukan upacara Waprakeswara (pemujaan dewa Siwa ).


Kutai mendasarkan ekonominya pada aktivitas perdagangan diwilayah Nusantara dan Asia dengan rute Kutai- Makassar. Kutai Cina, Kutai – Jawa atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...