Minggu, 28 Juni 2015

Sejarah Indonesia :Manusia Purba Homo Erectus

Learning history for senior high schools
Manusia Purba : Homo Erectus
Nenenk moyang bangsa Indonesia dalam sejarah Indonesia berasal dari manusia jenis homo erectus, dan homo erectus berasal dari manusia jenis hominid. Hominid merupakan nenek moyang manusia. Di Afrika Timur dan Selatan ditemukan hominid bernama Australopithecus ( kera  selatan ) diciri otak kecil dan gigi geraham besar, berjalan dengan kedua kaki tetapi kakinya pendek seperti kera, pandai memanjat pohon untuk mencari makanan, tidur atau menghindari pemangsa. 


Hominid lain disebut Homo dengan ciri Otak besar dan gigi geraham kecil.  Kedua hominid ini hidup didaerah padang bersemak atau sabana berpohon dan berjalan dengan kedua kaki. Mereka hidup berkelompok. Fosil mereka banyak ditemukan di dataran Serengeti, Tanzania Utara, Afrika Timur.
Tingkat lanjut dari kebudayaan hominid disebut hominid habilis yaitu hominid yang membuat alat-alat untuk menunjang kehidupan mereka.  Mereka hidup dari periode 2,3 juta tahun yang lalu hingga 1,8 juta tahun yang lalu.

HominidAfrika meninggalkan benua Afrika, mereka menyebar ke benua Asia, mereka disebut homo erectus ( manusia tegak ).  Ciri homo erectus adalah tubuhnya tinggi, kaki panjang, otot-ototnya besar dan otaknya lebih besar dari nenek moyangnya, pandai menggunakan beragam alat kehidupan, mereka membuat kapak genggam,  dan tahu tata cara menggunakan api sejak 500.000 tahun silam dan homo erectus merupakan jenis homo yang pandai berburu.  Homo erectus inilah yang menjadi homo sapiens ( manusia cerdas; manusia modern. )

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...