Minggu, 01 Maret 2015

Sistem Usaha Swasta Pemerintah Kolonial Belanda

Materi Pelajaran Sejarah SMA
Sistem Usaha swasta
Politik ekonomi tanam paksa yang diterapkan Van Den Bosch memberi keuntungan luar biasa kepada Belanda, karena tanpa susah payah Belanda mendapatkan penghasilan sebesar 20 % dari setiap panen para petani dan rakyat umumnya. 
Namun, berbagai sumber pemasukan bagi kas pemerintah Kolonial Belanda dirasa masih belum cukup untuk memuaskan para pejabat kolonial Belnada maupun kebutuhan negeri Belanda. Apalagi ketika mereka ( Belanda ) melihat masih banyak potensi keuangan yang belum digali dan dimaksimalkan sebagai sumber pendapatan terbaru dari tanah Indonesia, yaitu bentangan tanah luas berupa hamparan hutan . 
Perubahan cara berfikir dari politik ekonomi monopoli dan pajak tanah berubah menjadi sistem ekonomi liberal tidak lepas dari makin eksisnya kelas menengah liberal dinegeri Belanda, dimana mereka menjadi kekuatan ekonomi sekaligus menjadi kekuatan politik baru yang menekan kaum konservatif Belanda. 
 Dibukanya terusan suez dimesir membuat jarak tempuh ke Indonesia menjadi makin dekat sehingga sangat menguntungkan kalau dari tanah Indonesia bisa diangkut berbagai komoditas yang menguntungkan negeri Belanda. 
 Dalam rangka menggali kekayaan alam Indonesia ini, pemerintah kolonial Belanda membuat Undang-undang agraria yang membagi tanah Indonesia menjadi tanah rakyat dan tanah negara. Tanah rakyat bisa deisewa sesuai kesepakatan dan harga sewa juga sesuai kesepakatan, walau dalam prakteknya banyak unsur paksaan dan ancaman. Sementara tanah negara bisa disewa selama 75 tahun.
 Unsur legalitas hukum dimiliki, langkah pemerintah kolonial belanda selanjutnya adalah mengundang para orang kaya dari negeri Belanda untuk investasi di Indonesia. Politik pintu terbuka bagi masuknya investor ini membuat Indonesia memasuki sistem ekonomi liberal. Masuknya para investor kaya dari negeri Belanda telah membuat banyak hutan dan gunung berubah menjadi perkebunan-perkebunan luas yang luasnya mencapai ribuan hektar. Perkebunan luas ini hanya dimiliki oleh beberapa orang saja.
 Dengan mendapat uang sewa tanah berarti kas keungan pemerintah kolonial Belanda bertambah, hal ini ditambah lagi dengan pajak tanah yang tahunan, barang yang diekspor dikenakan pajak lagi, sehingga, kekayaan pemerintah Kolonial Belanda terus bertambah. Sebaliknya, orang Indonesia mulai kehilangan tanah luasnya, penghasilannya mulai berkurang, kebebasannya mulai berkurang.
 Kaum pribumi berubah menjadi tenaga kuli kontrak, dengan gaji sangat pas-pasan. Sistem usaha swasta menguntungkan Belanda disatu sisi , tetapi pada sisi lain merugikanb pendudk pribumi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...