Selasa, 16 Februari 2010

Sejarah Indonesia: Jenis-jenis sejarah

JENIS JENIS SEJARAH

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari berbagai peristiwa yang sudah terjadi dimasa lalu yang menimbulkan perubahan besar di masyarakat.
Karena begitu banyak peristiwa sejarah yang terjadi maka agar lebih mudah difahami maka perstiwa sejarah dipilah – pilah keberbagai masalah sesuai masalahnya.

Jenis – Jenis sejarah ini diantaranya :
1.Sejarah local : sejarah local membahas peristiwa sejarah disuatu tempat ( daerah ) saja. Misalnya peristiwa pembantaian rakyat di Rawamerta oleh pasukan Belanda. Peristiwa ini hanya terjadi di Kabupaten Karawang dan dicatat didalam sejarah Kabupaten Karawang.
2.Sejarah Nasional : berbagai peristiwa sejarah yang terjadi diwilayah nasional suatu Negara. Contohnya peristiwa – peristiwa sejarah diberbagai daerah di Indonesia dari zaman proklamasi hingga sekarang.
3.Sejarah dunia : berbagai peristiwa sejarah dari berbagai belahan dunia yang berpengaruh pada perubahan dunia. Contoh peritiwa sejarah 18 september 2004 di AS, tetapi terjadi peristiwa lain pada tanggal yang sama dinegara lain.
Sejarah geografi adalah berbagai peristiwa sejarah yang berkaitan dengan perkembangan bumi. Contohnya sejarah terjadinya tsunami, sejarah gempa disuatu daerah.
4.Sejarah ekonomi : berbagai peristiwa sejarah yang berkaitan dengan peristiwa – peristiwa ekonomi yang menimbulkan perubahan – perubahan dibidang ekonomi sehingga berimbas pada perubahan lainnya.
5.Sejarah Ketatanegaraan : peristiwa terjadinya perubahan – perubahan ketatanegaraan dari waktu kewaktu yang mencapai perubahan ketatanegaraan keterbentuknya kini dan pengaruhnya keprubahan Negara dan masyarakat yang ada diwilayah hokum tempat terjadinya perubahan ketatanegaraan itu.
6.Sejarah social adalah peristiwa perubahan – perubahan social yang dialami suatu masyarakat. Contohnya perubahan dari budaya tradisional ke budaya colonial dan ke kebudaya merdeka.

Tidak ada komentar:

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock

Petisi Soetardjo yang membuat belanda Shock, tonton sebab , petisi ini berisi keinginan bangsa Indonesia untuk memiliki parlemen pemerintaha...